Breaking News:

Berita Batola

Masuk Daftar 100 Desa Cantik di Indonesia, Tiga Desa di Batola Ini Wakili Kalsel

Tiga dari 100 Desa Cantik yang ada di Indonesia di antaranya ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Barito Kuala Batola) 

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Launching dan pengukuhan Desa Cantik (Desa cinta statistik) oleh Bupati Batola, Hj Noormiliyani di Aula Selidah, Senin (14/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Membanggakan, tiga dari 100 Desa Cantik yang ada di Indonesia di antaranya ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Barito Kuala. 

Ketiga desa tersebut yakni Desa Antasan Segera, Kecamatan Mandastana, Desa Anjir Serapat Muara, Kecamatan Anjir Muara dan Desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit. 

Desa Cantik sendiri merupakan akronim dari Desa Cinta Statistik yang diprogramkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS. Dengan ketentuan kriteria desa yang aktif, banyak berprestasi dan paling dekat dengan masyarakat. 

Hal ini berkenaan karena desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah dan hanya ditunjuk 100 desa dari 83.820 desa seIndonesia. 

Baca juga: Mirip Istana Negara, Kantor Balai Desa di Batola Ini Jadi Latar Selfie Warga yang Datang Berurusan

Baca juga: Kebakaran di Desa Anjir Serapat Muara Batola, Kerugian Diperkirakan Rp 60 Juta

Baca juga: Bupati Noormiliyani Groundbreaking Jejangkit Ecopark, 2022 Sudah Dapat Dimanfaatkan

Diungkapkan Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Moh Edy Mahmud, keberadaan Desa Cantik merupakan perwujudan hadirnya kelengkapan data mengenai desa secara menyeluruh, sehingga memudahkan dan memperkaya informasi secara merata. 

"Data akan tersedia dalam bentuk website, baik mengenai pemetaan, infrastruktur, sosial, ekonomi dan lainya," ucap Edy. Senin (14/6/2021) 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Kuala atas dukungan, kerjasama dan koordinasi yang baik dalam mewujudkan Desa Cantik ini

Dalam menjalankan program ini, pihaknya juga akan memberikan pendampingan dalam pelaksanaannya. Hingga bisa dikelola secara mandiri. 

Terkait hadirnya Desa Cantik di Batola ini, Bupati Hj Noormiliyani bersyukur dan menyambut baik. Ia berharap dapat dikembangkan hingga ke desa-desa lainnya. 

Baca juga: Gagal Dibangun Kembali di 2021, Pembangunan Jembatan Mandastana Tetap Diajukan Tahun Depan

"Terwujudnya Desa Cantik sangat bermanfaat untuk pemutakhiran data yang dimiliki desa, sehingga arah pembangunan yang tepat sasaran," terang Noormiliyani, usai Launching dan pengukuhan Desa Cantik di Aula Selidah. 

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini juga menilai, dukungan data dan informasi statistik yang berkualitas juga akan diperlukan untuk menyusun perencanaan, evaluasi, menentukan keputusan dan memformulasikan kebijakan. (banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved