Breaking News:

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Diperkuat Ezra Walian, Administrasi Naturalisasi Sudah Tuntas

Timnas Indonesia bakal diperkuat Ezra Walian. Pemain yang kini merumput bersama tim Liga 1 Indonesia bersama Persib Bandung.

Editor: M.Risman Noor
KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA
Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian, dalam sesi latihan tim yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (18/03/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Timnas bakal  bisa diperkuat Ezra Walian. Pemain yang kini merumput bersama tim Liga 1 Indonesia bersama Persib Bandung sebelumnya tak bisa membela timnas karena aturan administrasi.

Kini penantian panjang bomber Persib Bandung untuk bisa membela Timnas Indonesia akhirnya mencapai titik terang. Pemain naturalisasi ini sebelum pernah bermain di Belanda dan tak bisa memperkuat timnas  Indonesia.

Kepastian pemain naturalisasi asal Belanda itu dapat memperkuat Timnas Indonesia ini disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

FIFA melalui Komite Status Pemain mengirimkan surat kepada PSSI terkait kejelasan nasib Ezra Walian, Senin (14/62021).

Baca juga: Euro 2020, Maarten Stekelenburg Pemain Tertua di Timnas Belanda Geser Rekor Edwin an Der Sar

Baca juga: Rekor Buruk Polandia Menghadapi Slovekia, Ini Link Streaming Euro 2021 Live TV Online Mola

Yunus mengaku bersyukur bahwa proses administrasi Ezra Walian akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

Ezra Walian dalam laga Persib Bandung melawan PSS Sleman Senin (19/4/2021) di semifinal Piala Menpora 2021
Ezra Walian dalam laga Persib Bandung melawan PSS Sleman Senin (19/4/2021) di semifinal Piala Menpora 2021 (Instagram @persib)

Seperti diketahui, pengajuan proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan seret.

Kendati bomber Maung Bandung ini dinaturalisasi sejak 2017, namun ia masih berkendala soal adminsitrasi.

Dilansir tribunnews.com dengan judul kabar-baik-untuk-striker-persib-bandung-ezra-walian-sudah-bisa-bela-timnas-indonesia, sebelum FIFA memberi lampu hijau untuk membela Timnas Indonesia, nasib Ezra Walian sempat terkatung-katung.

"Benar, arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," kata Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," tambah Yunus Nusi.

Pemain yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian itu sempat dilarang tampil oleh FIFA pada Kualifikasi Piala AFC 2020, Maret 2019 lalu.

Saat itu, Ezra gagal tampil bersama Timnas lantaran AFC menerima memorandum dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) bahwa sang pemain sempat membela Timnas Belanda.

Baca juga: Pengganti Posisi Ibrahimovic di Laga Spanyol vs Swedia Euro 2021, Live Mola TV

Tercatat, Ezra cuma memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017 karena ajang tersebut memiliki regulasi tersendiri dan tidak berada langsung di bawah yuridiksi AFC dan FIFA.

Namun situasi saat ini merupakan angin segar bagi Ezra Walian.

Di sisi lain, PSSI juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada FIFA atas terselesaikannya proses administrasi striker andalan Persib ini.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved