Breaking News:

Wisata Air Terjun di HST

Wisata Kalsel : Batu di Bawah Air Terjun Andikian Bertingkat-tingkat, Mudah Dipanjat untuk Berfoto

Air terjun Andakian adalah air terjun tertinggi, yaitu sekitar 20 meter. Batu di bawah air terjun bertingkat sehingga mudah dipanjat untuk berfoto

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pengujung berpose di dekat air terjun andikian di Desa Tandilang, Kecamatan Batangalai Timur Hulu Sungai Tengah, Minggu (13/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dari sekian banyak Wisata Kalsel berupa air terjun di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Andakian adalah air terjun tertinggi, yaitu sekitar 20 meter dari sumbernya.

Meski turunnya air tak begitu deras, karena diduga sumber air diatasnya msih surut, namun objek wisata alam yang terpendam di tengah hutan pegunungan Meratus di Desa Tandilang Kecamatan Batangalai Timur ini cukup menarik dikunjungi.

Bagian bawah tempat jatuhnya air merupakan batu bertingkat-tingkat berwarna coklat kehitaman, cukup mudah dipanjat untuk berfoto.

Banyak pengujung yang mengambil spot foto di atas batu tersebut yang merupakan spot terbaik.

Baca juga: Wisata Kalsel : Andikian, Air Terjun Terpendam di Tengah Hutan Pegunungan Meratus HST

Baca juga: VIDEO Air Terjun Buntar, Wisata Alam Balangan Tawarkan Sensasi Ketenangan

Baca juga: VIDEO Air Terjun Bajuin Tanahlaut Lengang, Petugas Berjaga di Sekitar Pintu Masuk

Meski tingkatan batunya memudahkan pengujung naik, namun tetap harus berhati-hati. Sebab, batu yang setiap saat dijatuhi air itu licin sehingga mudah tergelincir.

Sedangkan di bagian sumur di bawah batu yang mengalirkan air ke anak sungai, sangatlah dangkal. Mungkin karena saat saya berkunjung, hujan tidak begitu intens. Karena di kolam sekitar air terjun dangkal, pengujung dengan mudah mengakses bagian tegah kolam untuk berfoto.

Dampaknya, kondisi air yang dibawahnya tanah tersebut menjadi keruh, sehingga kontras dengan air jatuh yang warnanya jernih. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved