Breaking News:

Wisata Air Terjun di HST

Wisata Kalsel : Rute ke Air Terjun Andikian di HST Cukup Menantang, Tapi Seru Lho

Rute menuju air terjun Andikian di Desa Tandilang, Kecamatan Batangaalai Timur ternyata cukup menantang. Tapi, justru ini yang bikin seru

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Perjalanan menuju air terjun Andakian, melewati jembatan bambu serta menerabas hutan yang masih alami. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Air terjun Andikian di Desa Tandilang, Kecamatan Batangaalai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan  benar-benar masih alami.

Meski harus menerabas hutan belantara dengan berjalan kaki sekitar 30 menit sampai satu jam (tergantung kekuatan fisik pengujung), aksesnya relatif cukup mudah.

Masyarakat setempat yang mengelola objek wisata tersebut berupaya memberi akses jalan yang memudahkan pengunjung menembus lokasi.

Berjalan kaki dari titik lokasi parkir, pengunjung melewati jalan setapak. Meski disebutkan jaraknya hanya sekitar 500 meter dari parkiran, berkunjung sehabis  diguyur hujan, ternyata jalur yang dilalui cukup merepotkan.

Baca juga: Wisata Kalsel : Andikian, Air Terjun Terpendam di Tengah Hutan Pegunungan Meratus HST

Baca juga: Wisata Kalsel : Batu di Bawah Air Terjun Andikian Bertingkat-tingkat, Mudah Dipanjat untuk Berfoto

Banyak titik jalan yang becek dan licin sehingga berpotensi memudahkan tergelincir saat berjalan. Namun, bagi kalian yang suka wisata alam justru ini menambah seru perjalanan.

Pakaian kotor akibat tergelincirpun tak masalah. Kondisi jalan becek pula yang membuat waktu tempuh bisa lebih lama dari estimasi 30 menit.

Baca juga: Wisata Kalsel : Sempat Ramai Tahun 2016, Air Terjun Buntar Sungainya Bagaikan Kolam Pemandian

Sebenarnya, masyarakat setempat juga menyediakan jasa ojek, dengan tarif pulang pergi Rp 50 ribu.

Namun, kebanyakan pengunjung memilih berjalan kaki, karena merasa naik sepeda motorpun rawan jatuh. Selain itu, dengan berjalan kaki, bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang masih natural dengan sungai yang masih jernih.

Perjalanan menuju air terjun Andakian, melewati jembatan bambu serta menerabas hutan yang masih alami.
Perjalanan menuju air terjun Andakian, melewati jembatan bambu serta menerabas hutan yang masih alami. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved