Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Besok Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kota Banjarmasin Pasca PSU Pilgub Kalsel 2020

Jajaran KPU Banjarmasin akan mengelar penghitungan surat suara hasil PSU Pilgub Kalsel saat Rabu (16/6/2021) di Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Suasana rekapitulasi perhitungan surat suara PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Minggu (13/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rekapitulasi perhitungan suara dalam pemungutan suara ulang  pemilihan gubernur Kalimantan Selatan (PSU Pilgub Kalsel) di Kecamatan Banjarmasin Selatan, rampung dilaksanakan pada Minggu (13/6/2021) malam.

Dan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan tersebut, dipastikan juga akan dibawa ke tahap berikutnya yakni rekapitulasi di tingkat kota.

Pihak KPU Banjarmasin pun memastikan rekapitulasi di tingkat kota, akan dilaksanakan besok, Rabu (16/6/2021) sekitar pukul 08.00 Wita, di Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

"Iya, besok pagi rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara hasil putusan Mahkamah Konstitusi Pilgub Kalsel 2020 di tingkat kota Banjarmasin," ujar Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar, Selasa (15/6/2021) siang.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Kabupaten Banjar Gelar Rapat Pleno Terbuka

Baca juga: VIDEO Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin Selesai Lebih Cepat dari Jadwal

Mengenai teknis rekapitulasi di tingkat kota tersebut, Akbar menerangkan, akan menyampaikan hasil rekapitulasi di semua kecamatan.

"Hasil PSU di Kecamatan Banjarmasin Selatan akan digabungkan dengan empat kecamatan yang tidak PSU (Banjarmasin Timur, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Utara). Setelah itu baru ditetapkan melalui berita acara penetapan," rincinya.

Rekapitulasi di Kecamatan Banjarmasin Selatan belum lama tadi, diketahui saksi dari salah satu pasangan calon (paslon) tidak mau menandatangani hasil penetapan.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan pula pada rekapitulasi di tingkat kota yang dilaksanakan besok pagi, juga akan terulang kejadian serupa.

Baca juga: Rekap Perhitungan Hasil PSU Pilgub Kalsel di PPK Martapura Tuntas, Paman BirinMU Menang Telak

Terkait hal ini, Akbar pun mastikan hal itu tidak lantas menghambat proses penetapan hasil rekapitulasi di tingkat kota.

"Tidak masalah bila ada saksi salah satu paslon tidak mau tandatangan. Itu hak mereka. Tapi yang jelas hasil rekapitulasi tetap sah. Kalau ada saksi yang tidak mau tandatangan, akan dicatat di lembar kejadian khusus," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved