Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

VIDEO PSU Pilgub Kalsel, Laporan Rekapitulasi PPK Martapura Kabupaten Banjar Ditunda karena Ini

PSU Pilgub Kalsel. PPK Martapura terjadi kelalalaian, sehingga menyebabkan kesalahan jumlah rekapitulasi pada TPS 18 Desa Sungai Sipai.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Proses rekapitulasi suara PSU Pilgub Kalsel tingkat Kabupaten Banjar tak berjalan mulus, Selasa (15/6/2021).

Penyebanya adalah laporan PPK Martapura dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan surat suara PSU Pilgub Kalsel tingkat Kabupaten Banjar mengalami perbaikan.

Perbaikan itu karena ditemukannya selisih antara hasil rekapitulasi di tingkat PPK dengan hasil rekapitulasi di tingkat KPPS 18 Desa Sungai Sipai. 

Pimpinan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat Kabupaten Banjar, Muhammad Zain, kemudian menunda PPK Martapura untuk perbaikan.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Kabupaten Banjar Gelar Rapat Pleno Terbuka

Baca juga: Rekap Perhitungan Hasil PSU Pilgub Kalsel di PPK Martapura Tuntas, Paman BirinMU Menang Telak

Penundaan tersebut setelah PPK Martapura berkeliling menemui saksi dari paslon BirinMu, Rudi Firdaus, kader PKS M Chairil Anwar, kader Golkar dan saksi paslon dari H2D, Chandra Adi Susilo dan Manhuri.

Diketahui, hal ini berkaitan dengan pengakuan PPK Martapura bahwa telah terjadi kelalalaian, sehingga menyebabkan kesalahan jumlah rekapitulasi pada TPS 18 Desa Sungai Sipai setelah disandingkan dengan aplikasi Si Rekap.

Atas hal demikan, Chandra Adi Susilo memaklumi kesalahan rekapitulasi penghitungan surat suara PSU yang dilakukan PPK Martapura.

"Kalau dikoreksi, banyak sebenarnya. Mereka adalah orang baru semua," katanya.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Saksi Denny Indrayana Tak Teken Hasil Rekapitulasi di Kecamatan Martapura

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Banjar, Hairul Falah, sempat pula mengoreksi angka perolehan di satu TPS 04 di Desa Tunggul Irang Ulu.

Kemudian, koreksi dari Hairul Falah diakui PPK Martapura sudah diperbaiki.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved