Breaking News:

Berita Balangan

Desa Kapul di Kabupaten Balangan Resmi Jadi Desa Sadar Kerukunan

Desa Kapul resmi menjadi Desa Sadar Kerukunan yang disematkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Balangan bersama Kemenag dan Pemkab Balangan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kemenag Kalsel), H Noor Fahmi, meresmikan Desa Kapul sebagai Desa Sadar Kerukunan, di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Rabu (16/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, dikenal sebagai desa yang memiliki beragam agama. Warganya rukun dan berdampingan.

Lantas, berkat, sistem kebersamaan yang tercipta, Desa Kapul resmi menjadi Desa Sadar Kerukunan yang disematkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Balangan bersama Kemenag dan Pemkab Balangan, Rabu (16/6/2021).

Launching Desa Sadar Kerukunan tersebut ditandai dengan pembukaan selubung plang Desa Sadar Kerukunan dan penandatanganan prasasti, serta pertunjukan seni tari.

Ketua FKUB Kabupaten Balangan, Supriadi, menerangkan, terpilihnya Desa Kapul sebagai Desa Sadar Kerukunan karena banyaknya suku, agama dan hal lainnya di desa tersebut.

Rupanya, keragaman itu pula menunjukan kesejukan dan kedamaian antar umat beragama di kalangan Desa Kapul Balangan ini. 

Baca juga: Digelar Secara Tatap Muka, Siswa Antusias Ikuti Ulangan Kenaikan Kelas Tingkat SD di Balangan

Baca juga: Curi Handphone di Warung Kopi, Warga Halong Dibekuk Unit Jatanras Polres Balangan 

"Saya berharap terpilihnya Desa Kapul sebagai Desa Sadar Kerukunan dapat dipertahankan dan dijaga bersama," ucap Supriadi. 

Lebih lanjut bebernya, FKUB Kabupaten Balangan bekerja sama dengan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat Desa Kapul berusaha menjadi sebagai pendingin apabila ada permasalahan. 

Sehingga, para tokoh agama, tokoh adat bisa bersama-sama menyelesaikan setiap masalah secara baik. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Kalsel H Noor Fahmi berpesan agar kerukunan yang sudah tercipta di Desa Kapul Balangan ini mesti dijaga dan dirawat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved