Breaking News:

Berita Kalteng

Pasar Induk Kumuh Gegara Lapak PKL, Satpol PP Kapuas Minta Pedagang Taat Aturan Berjualan

Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas kembali lakukan pengawasan terhadap pedagang pasar induk di Kota Kualakapuas

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
Satpol PP Kapuas untuk BPost
Petugas Satpol PP dan Damkar Kapuas membantu pedagang pindahkan barang jualan di sela kegiatan pengawasan ketertiban pasar, Rabu (16/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas kembali lakukan pengawasan terhadap pedagang pasar induk di Kota Kualakapuas, Rabu (16/6/2021).

Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas Syahripin mengatakan pengawasan dilakukan karena pedagang acap kali menggunakan badan jalan untuk menggelar dagangan.

"Selain mengganggu kelancaran arus lalu lintas, keberadaan lapak dagangan dan payungnya sangat mengganggu estetika sehingga membuat kawasan pasar tampak kumuh," ungkapnya.

Dirinya menegaskan pengawasan ke pasar induk Kuala Kapuas akan terus dilakulan dengan mengedepankan unsur humanis dan pendekatan persuasif serta tidak anarkis.

Baca juga: Lapak Jualan Diangkut Petugas Gabungan, PKL Pasar Pelaihari Hanya Pasrah

Baca juga: Berjualan di Atas Drainase, PKL di KM 23 Lianganggang Banjarbaru Ditertibkan Satpol PP

Baca juga: PKL Kembali Marak Beroperasi di Bahu Jalan, Dishub Palangkaraya Keluarkan Peringatan ini

"Kami minta pedagang agar tidak meletakkan barang dagangannya di tempat yang dilarang dan mengimbau agar tidak menggelar lapak jualannya, memakai badan jalan sehingga berakibat menggangu kelancaran arus lalu lintas," ujarnya.

Syahripin pun mengungkapkan bahwa pihaknya akan memantau terus kawasan pasar induk Kuala Kapuas, sehingga selalu tertata rapi dan mengharapkan pedagang untuk selalu taat dalam menggelar lapak dagangannya.

"Apabila pedagang menggelar dagangan dan tendanya sampai memasuki badan jalan, kami akan berikan teguran karena hal tersebut pasti akan menganggu pembeli dan pengguna jalan di sekitar pasar induk Kuala Kapuas," tegasnya.

Baca juga: Setelah Dibersihkan dari PKL, Trotoar di Pasar Mabuun Tabalong Dipercantik

Namun, dilanjutkannya bahwa anggota yang ada di lapangan tetap membantu pedagang dalam memindah dan meminggirkan dagangannya.

"Tindakan anggota Satpol PP tidak serta merta membongkar dan menyita, kami masih ada toleransi," pungkas Syahripin. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved