Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin, BirinMu Berbalik Ungguli Denny Indrayana

Paslon Birinmu ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dalam PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kota Banjarmasin. Ia berbalik unggul dari Denny Indrayana

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Pembukaan kotak suara di Kecamatan Banjarmasin Selatan saat pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Kalsel 2020 tingkat Kota Banjarmasin, Rabu (16/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel 2020 nomor urut 01 yakni H Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu) ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dalam PSU Pilgub Kalsel 2020 di tingkat Kota Banjarmasin yang berlangsung di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Kalsel 2020 tingkat Kota Banjarmasin pasca PSU yang dilaksanakan hari ini Rabu (16/6/2021) di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Berdasarkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan, khususnya Kecamatan Banjarmasin Selatan perolehan suara dari paslon BirinMu ditetapkan sebesar 47.030 sedangkan paslon nomor urut 02 yakni H Denny Indrayana-Difriadi Drajat (H2D) mengantongi sebanyak 23.806 suara.

Hasil rekapitulasi PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan ini pun selanjutnya dijumlahkan dengan jumlah suara di empat kecamatan lainnya yakni Banjarmasin Timur, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Utara.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Kabupaten Banjar Gelar Rapat Pleno Terbuka

Baca juga: VIDEO Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin Selesai Lebih Cepat dari Jadwal

Baca juga: Saksi Paslon Tak Tandatangani Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin Selatan

Dan setelah dijumlahkan keseluruhan, paslon BirinMu mendulang 131.766 suara. Sedangkan paslon H2D sebanyak 114.873 suara. Sehingga BirinMu unggul sebanyak 16.893 suara.

Jika dibandingkan dengan perolehan Pilgub Kalsel 2020 pada 9 Desember 2020 lalu atau sebelum dilaksanakan PSU, maka bisa dikatakan paslon BirinMu berhasil membalikkan keadaan.

Pasalnya berdasarkan hasil rekapitulasi di tingkat Kota Banjarmasin sebelum adanya PSU, paslon H2D yang unggul dengan menorehkan 118.464 suara sementara BirinMu hanya mampu mengantongi 114.365 suara.

Rekapitulasi tingkat Kota Banjarmasin setelah adanya PSU sendiri digelar dari pagi hingga siang, dan rapat pleno dipimpin oleh KPU Banjarmasin.

Turut hadir dalam rapat pleno tersebut, saksi dari masing-masing paslon serta Bawaslu Banjarmasin, Bawaslu Kalsel hingga KPU Kalsel.

Proses rekapitulasi sendiri berjalan cukup lancar, meskipun sempat dilakukan pembahasan serta perbaikan-perbaikan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved