Breaking News:

Berita Tanahbumbu

VIDEO Pernah Jadi Desa Tertinggal, Desa Maju Mulyo Kini Ikuti Penilaian Desa di Kabupaten

Pernah jadi desa tertinggal Desa Maju Mulyo kini maju ikuti penilaian desa tingkat Kabupaten. Andalkan Tanaman Jahe dan rumah sehat

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tanaman jahe menjadi andalan bagi setiap warga di Desa Maju Mulyo Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanahbumbu Provinsi Kalsel.

Desa ini, mewakili kecamatannya untuk berlomba menjadi yang terbaik dari 12 kecamatan yang ada.

Tim penilai dari Kabupaten datang untuk melihat langsung kondisi di Desa Maju Mulyo yang dulu sempat jadi desa tertinggal ini.

Tim penilai datang dan disambut Kepala Desa, Sunarno serta Camat Mentewe Sulhadi dan ibu PKK Desa dan Kecamatan pada Rabu (16/6/2021). Bahkan di desa ini andalkan asman Toga yang jenisnya capai 30 macam.

Taman yang penuh dengan tanaman sayur dan obat-obatan itu juga dilengkapi dengan sebuah kolam ikan yang isinya ikan Nila.

Tim penilai yang datang juga kagum saat melihat kondisi yang ada di desa ini. Kemajuan dan penataan Desa sangat bagus, terlebih dimasa pandemi ini.

Kepala Desa Maju Mulyo, Sunarno, mengucapkan selamat datang bagi tim penilai dari Kabupaten dan PKK Kabupaten yang jadi juri penilaian.

Sunarno mengatakan, keunggulan didesanya adalah kerjasama hingga kehidupan jiwa sosial serta kerjasama yang baik di desa tersebut.

"Kekuatan utama masyarakat disini adalah semangat gotong royongnya hingga membuat desa kami ini tidak tertinggal lagi dan menjadi Desa yang berkembang," katanya.

Disebutkan Sunarno, desanya itu sempat tertinggal pada 2017. Namun sejak 2019 lalu, desa ini menjadi Desa Berkembang.

Sementara itu, Camat Mentewe, Sulahdi, mengatakan, desa Maju Mulyo ini adalah desa yang membawa banyak perubahan. Bahkan masyarakat sangat kuat jiwa ke gotongroyongannya dan ini menjadi modal desa.

Pihak kecamatan, selalu memberikan dukungan agar desa bisa maju dan berkembamg. Apalagi dimasa pandemi seperti ini yang punya dampak besar terutama perekonomiannya.

Namun dia kagum karena desa ini sangat lengkap, tanaman yang ditanam juga sangat bermanfaat. Bahkan dimasa pandemi seperti ini, hampir semua kebutuhan sudah ada di desa ini.

"Alhamdulillah, Desa Maju Mulyo ini bisa mewakili Desa di Kecamatan Mentewe di tingkat Kabupaten. Apalagi dua desa sebelumnya sudah masuk di level Nasional dan berharap Desa ini juga bisa melaju level Nasional," katanya.

Sekadar diketahui, penilaian desa ini ada sebanyak 5 macam yakni HATINYA  PKK, lomba Posyandu, Rumah Sehat, Pola Asuh anak dan Pencegahan Stunting. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved