Breaking News:

Berita Banjarbaru

Lapas Banjarbaru Tampung Seribuan Orang, 3 Dihukum Seumur Hidup dan 1 Hukuman Mati

Lapas Banjarbaru dihuni 1.243 WBP, banyak kasus narkoba, 3 hukuman seumur, 1 hukuman mati, 68 orang dititip di Polres Banjar dan Polres Banjarbaru

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.co.id/aprianto
ILUSTRASI - Lembaga Pemasyarakatan Banjarbaru di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, saat melaksanakan peringatan ke-55 Hari Bhakti Pemasyarakatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, menampung 1.972 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Banjarbaru, Amico Balalembang, melalui Kasi Pembinaan, Septyawan, menyebutkan, 1.243 WBP di antaranya penghuni kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Dan jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah. Sebab, ada 68 orang yang dititipkan di Polres Banjarbaru  dan Polres Banjar, masih menunggu hasil putusan sidang. 

"Pabila sudah mendapatkan putusan, maka akan di antar  ke Lapas Banjarbaru. Jadi, tidak seperti sebelumnya begitu di tahan langsung dilimpahkan, sekarang di titipkan dulu hingga adanya putusan karena pandemi covid-19 agar tidak terlalu penuh," ujarnya, Kamis (17/6/2021). 

Sebab, Lapas Banjarbaru tidak hanya menampung WBP, tetapi juga dititipi warga binaan dari daerah lainnya, yaitu Kabupaten Tanah Laut dan dari Lapas Banjarmasin. 

Baca juga: Diperbaiki Pasca Banjir Kalsel,  Aspal Jalan Martapura Lama di Kabupaten Banjar Kini Mulus

Baca juga: Menag Larang Tempat Ibadah di Zona Merah dan Oranye Buka, Kemenag Banjarbaru Minta Prokes Dipatuhi

Tujuannya, agar tidak terlalu penuh, sehingga dibagi-bagi atau dititipkan di Lapas Banjarbaru. Akan tetapi, bila lapas yang menitipkan mengalami penurunan, maka akan diantar ke tempat semula.

Lanjut Septyawan, penghuni terbanyak memang diisi oleh warga binaan pemasyarakatan kasus narkoba.

Kemudian untuk kasus tindak pidana umum ada 700 warga binaan dan untuk kasus tindak pidana korupsi (tipikor) ada 11 warga binaan. 

Jumlah total warga binaan dari awal Januari hingga di pertengahan Juli 2021 mengalami peningkatan dibandingkan 2020 lalu yang hanya berjumlah sekitar 1.500 warga binaan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved