Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel

Rapat Pleno KPU di Banjarmasin, BirinMu Unggul di PSU Pilgub Kalsel 2020

Komisioner KPU bacakan hasil akhir PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin, BirinMu meraih 871.123 suara dan H2D meraih hasil akhir 831.178 suara.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
PSU Pilgub Kalsel. Penandatanganan berita acara penetapan hasil rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) yang dimenangkan BirinMu, dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Banjarmasin, Kamis (17/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - PSU Pilgub Kalsel. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel nomor urut 01 Sahbirin Noor dan Muhidin ditetapkan sebagai pemenangan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Penetapan tersebut sebagaimana yang dibacakan Ketua KPU Kalsel, Sarmuji, dalam rapat pleno terbuka tingkat provinsi, di GSign Hotel Banjarmasin, Kamis (17/6/2021).

Disebutkan, pasangan calon nomor urut 01 meraih suara 751.816 saat pilkada Desember 2020 lalu. Kemudian hasil suara PSU sebanyak 119.307 suara, dan hasil akhir meraih 871.123 suara.

Sedangkan calon gubernur Kalsel nomor urut 02 Denny Indrayana dan Difriadi (H2D) meraih suara di Desember 2020 lalu 774.078, pada saat PSU meraih 57.100 suara, dengan hasil akhir 831.178 suara.

Baca juga: Rekapitulasi Suara PSU Pilgub Kalsel Digelar KPU,  PJ Gubernur Minta Masyarakat Sambut Suka Cita

Baca juga: KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel, Polda Kalsel Kerahkan Ratusan Personel

Baca juga: Rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Banjarmasin, BirinMu Berbalik Ungguli Denny Indrayana

Sementara itu, Komisioner KPU Kalsel, Nur Zazin, menanggapi penolakan hasil rekapitulasi perolehan suara oleh tim H2D mengatakan pada prinsipnya penolakan bukan terkait prosedur pleno terbuka di tingkat provinsi. 

"Terkait pelanggaran yang disebutkan, dipersilakan menyampaikan ke pihak yang berwenang, yakni Bawaslu atau pihak yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Dalam penandatanganan berita acara penetapan hasil rekapitulasi, hanya saksi tim BirinMu yang menandatangani berita acara. Sedangan saksi tim H2D hanya menyaksikan penandatanganan.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved