Breaking News:

Berita Banjar

Bordir dan Sulam Arguci di Martapura Timur Ramai Dipesan Para Pejabat

Rumah panggung berbahan kayu di sebuah gang tak bernama di lingkungan RT 01 RW 02 Desa Mekar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar Provinsi Kal

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid
Yuliati, perajin bordir kain Sasirangan dan sulam arguci bersama suaminya di Kecamatan Martapura Timur 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rumah panggung berbahan kayu di sebuah gang tak bernama di lingkungan RT 01 RW 02 Desa Mekar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Gang itu tembus ke Jalan Desa Melayu Ulu, masih di wilayab dalam Kecamatan Martapura Timur. Itulah letak rumah perajin sulam arguci sekaligus sulam bordir.

Produk karya sulam arguci dan sulam bordir itu diberi nama A&Y inisial dari nama depan anak perempuan dan anak lelaki, Ahmad Busiri dan Yuliati.

Ahmad Busiri dan Yuliati adalah pasangan suami istri perajin sulam Arguci dan sulam bordir yang masih eksis sejak 17 tahun lalu hingga kini.

Baca juga: Kerajinan Mebel Alumunium di Kabupaten HSU Tembus Luar Provinsi

Baca juga: Terampilkan Perempuan, GOW Tala Latih Kerajinan Tangan Berprospek Cerah ini

Baca juga: Ikuti Event UMKM 2021 di Provinsi, Tapin Tampilkan Produk Unggulan Kerajinan Tangan Hingga Makanan

Awalnya, pasangan suami istri itu memenuhi permintaan pelanggan khusus sulam arguci untuk latar belakang acara pernikahan dan pakaian adat pernikahan banjar.

Kini produknya berinovasi silam arguci motif kaligrafi hiasan dinding, tempat tisu, tutup gelas, sarung bantal dan khusus hadiah atau suvenir.

"Saat ini saya sedang mengkombinasikan sulam arguci di payung dan tas. Pesanan Ketua PKK Kabupaten Banjar," kata Yuliati kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (18/6/2021).

Sulam Arguci khusus hiasan dinding dan kaligrafi dilakukan Ahmad Busiri yang mengaku memang sudah punya bakat dari neneknya.

Pemesan sulam arguci karyanya suami istrinya itu dari kalangan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar dan kepolisian resor Banjar.

Yuliati mengaku melayani pesanan bordir karena permintaan pelanggannya.

Kain sasirangan kalau diberi bordir semakin mempercantik motif kain sasirangan.

"Silakan pesan di akun media sosial Yuli bordir di FB dan IG," katanya.

Pesanan itu dari sejumlah kabupaten tetangga, seperti Tanahlaut, Tanahbumbu, Hulu Sungai Utara.

"Kalau sulam bordir dari bahan kain Sasirangan dan kalau sulam arguci dari bahan kain beludru," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved