Breaking News:

Wisata kalsel

Pengunjung Wisata kalsel Matang Kaladan Merosot, Finalis Putri Pariwisata Kalsel Ingin Lakukan Ini

Objek Wisata Kalsel Matang Keladan di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar turut terdampak Pandemi Covid-19. Kunjungan ke Raja Ampatnya Banua turun

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Hari Widodo
istimewa
Fitriatul Awaliyyah, finalis Putri Pariwisata Kalsel, Jumat (18/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama pandemi Covid -19, obyek wisata Kalsel, salah satunya Matang Kaladan di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar juga merasakan dampaknya, tidak ada pengunjung yang datang. Otomatis, penghasilan warga sekitarnya pun tak ada lebih setahun ini.

"Saya sanga prihatin dengan kondisi obyek wisata Matang Kaladan. Dulu menjadi wisata paling booming diantara wisata lain, dan menarik banyak atensi masyarakat untuk berkunjung, sehingga  berdampak positif untuk masyarakat sekitarnya. Baik itu sektor ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan untuk desa Tiwingan Lama," papar Fitriatul Awaliyyah, finalis Putri Pariwisata Kalsel, Jumat (18/6/2021).

Setelah terjadinya pandemi, lanjut dia, otomatis semua hal itu merosot turun.

"Saya merasa sedih saat mendengar curahan hati oleh para penduduk setempat seperti penarik ojek dan pemilik warung disana yang merindukan banyaknya kunjungan wisatawan seperti dulu. Saya pun ingin kembali membangkitkan Raja Ampat Banua ini agar kembali jaya wisata seperti pada masanya," ungkapnya.

Baca juga: Wisata Kalsel Pemancingan Putri Sangkaya, Bayar Rp 50 Ribu Pemancing Ini Bawa Pulang 4 Kg Ikan Emas

Baca juga: Wisata Kalsel : Tujuh Kali ke Air Terjun Andikian HST, Pelancong Asal Tabalong Mengaku Tak Bosan

Baca juga: VIDEO Pesona Wisata Kalsel Pantai Turki Tanahlaut, Daratan Pesisirnya Berpermadani Rumput Hijau

Lala, panggilan akrab Fitriatul, menambahkan, saat diminta membikin video pendek di acara pemilihan Putri Pariwisata Kalsel 2021, dirinya mengangkat obyek wisata Matang Kaladan. Obyek wisata cukup menarik dan indah pemandangannya.

Ditambahkan mahasiswi semester 6 jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin ini, sebagai putri pariwisata yang secara tidak langsung menjadi perwakilan dari kawula muda yang lain, harus sebisa mungkin memanfaatkan teknologi yang ada.

"Saya berusaha dengan gencar mempromosikan Matang Kaladan bukan hanya sekedar posting foto saja, tapi kita langsung terjun berkunjung kesana, menjelaskan kelebihan, keunikannya apa saja, buatlah semenarik mungkin sehingga itu mendapat atensi dari viewers sosial media kita," tandasnya.

Selain itu, lanjut Lala, kalau bisa ajak collabs para influencer di Kalsel yang berpengaruh, yang punya banyak followers misalnya. "Nah imagine saja kalau kita post wisata yang menarik dan beribu orang yang menonton, hal itu pasti akan memberikan dampak banyak pada objek wisata yang kita suguhkan," paparnya.

Perempuan kelahiran Kuala Pembuang, 1 Januari 2001 berharap semua dapat kembali membangkitkan semangat berwisata Indonesia yang dulu, yang gemar bertualang, yang gencar mengunjungi wisata apa saja yang ditempatnya khususnya Kalsel. 

"Apalagi bagi kami yang nantinya akan terpilih menjadi putri pariwisata Kalsel haruslah bisa menginfluence, memberi motivasi serta dorongan kepada seluruh masyarakat khususnya kaum milenial, agar kembali bangkitkan jiwa jiwa semangat berwisata dengan aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan yang wajib selalu kita patuhi," tandasnya.

Baca juga: Wisata Kalsel : Pantai Turki Tanahlaut Tawarkan Keindahan Alam Pesisir Nan Elok, Asyik Buat Plesiran

Lala sendiri sebelum mengikuti Pemilihan Putri Pariwisata Kalsel memiliki banyak prestasi diantaran sebagai runner up 2 Miss Languange Darul Hijrah Puteri 2013, juara 3 Lomba Cerpen FLS2N Kab. Banjar 2014, juara 3 Lomba Teknologi Tepat Guna se-Kalsel 2014, delegasi Kabupaten Banjar dalam English Camp se-Kalsel 2015, delegasi Kalsel dalam Muslim Youth Environtmental Journalism Camp 2017.

Selain itu, Wakil I Puteri Dakwah UIN Antasari 2018, juara 2 Nasyid se-Kalsel 2019, Galuh Kabupaten Banjar 2019, Top 10 Galuh Kalimantan Selatan 2019 dan Puteri Pariwisata Kabupaten Banjar 2021. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved