Breaking News:

Berita Banjarmasin

Bincang Bisnis di Banjarmasin Bahas Ciptakan Generasi Emas untuk Jawab Tantangan Industri 4.0

Mantan wali kota Banjarmasin H Ibnu Sina sebut saat industri 4.0 akan banyak pekerjaan lama yang hilang dan akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
H Ibnu Sina, petahana yang menang lagi pada pemilihan Wali Kota Banjarmasin tahun 2020 (kiri), hadir pada Bincang Bisnis bertema Jadikan Anak Muda Pilar Ekonomi yang Baru yang diselenggarakan Hasnur Center, Global Islamic Boarding School (GIBS) dan Entrepreneurship Center di Rattan Inn, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (19/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOSTCO.ID, BANJARMASIN -  Saat ini kita terus berusaha untuk keluar dari pandemi yang sudah membawa dampak pada perekonomian. Salah satu caranya adalah dengan memunculkan ide kreatif dan inovatif agar roda ekonomi terus berputar juga berkembang. 

Dikatakan H Ibnu Sina, petahana yang menang lagi pada pemilihan Wali Kota Banjarmasin tahun 2020, tantangan saat ini adalah bagaimana mengarahkan kreatifitas dan ide-ide anak muda dalam berprofesi dan berwirausaha. 

"Kita harus mencetak generasi emas yang punya kompetensi sesuai kebutuhan di era Industri 4.0 ini. Karena akan banyak pekerjaan lama yang hilang dan akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru, macam content creator, digital marketer, digital security, informasi data. Begitu juga ada usaha lama yang gulung tikar dan ada usaha baru yang muncul, contohnya bisnis online, jasa kurir," paparnya, Sabtu (19/6/2021). 

Hal itu disampaikan H Ibnu Sina setelah membuka Bincang Bisnis bertema Jadikan Anak Muda Pilar Ekonomi yang Baru yang diselenggarakan Hasnur Center, Global Islamic Boarding School (GIBS) dan Entrepreneurship Center di Rattan Inn, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Optimalisasi Nursing Handover RS Islam Banjarmasin di Masa Pandemi, FKIK UMB Gelar Workshop

Baca juga: Ibnu Sina Dapat Informasi Pelantikan Jadi Wali Kota Banjarmasin dari Pj Gubernur Kalsel

Sementara itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang juga hadir dalam kegiatan ini, Rusmadi, mengatakan, banyak sumber daya alam di Kabupaten Batola yang bisa menjadi usaha para generasi muda. 

"Ada pertanian, antara lain nanas, jeruk, madu kelulut, beras mutiara siam unus. Saat ini, beberapa produk dikirim ke Jawa. Produk olahan yang juga bisa dikembangkan antara lain minuman," jelasnya.

Sebab itu ia mengajak generasi muda untuk turut membangun Kabupaten Batola melalui pengembangan sumber daya alam dan potensi lainnya. 

Adapun para pembicara dalam Bincang Bisnis ini antara lain alumni GIBS yang kini menjadi pengusaha, yaitu Rifky Alfahmi, Fathiyakan Ramadhan, Sheila Irfania dan  Luthfi Habibi.

Baca juga: Usulkan Bayar Pelayanan Publik Sertakan Lunas Pajak Kendaraan, Begini Alasan BPKP Kalsel

Baca juga: Optimalisasi Nursing Handover RS Islam Banjarmasin di Masa Pandemi, FKIK UMB Gelar Workshop

Selain itu pembicara dari kalangan praktisi bisnis, yaitu Chef Agus Sasirangan (bisnis kuliner, public figure), Enad Wanindo (Bisnis EOWO), Melissa Lasabelle (Bisnis Fashion), Ardy Maulana (Bisnis Coffee Shop).

Acara ini juga dimeriahkan lomba foto dan ide bisnis sederhana serta door prize uang tunai serta voucher belanja. 

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved