Breaking News:

Banjir Kalsel

Banjir Kalsel, Dua Desa di Kecamatan Limpasu Kabupaten HST Terendam 2 Jam

Banjir Kalsel. Dua desa, Hawang dan Abung, di Kecamatan Limpasu, Kabupaten HST, Kalsel, terendam sekitar 2 jam akibat luapan anak Sungai Birayang.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BPBD KABUPATEN HST
Banjir Kalsel. Kondisi Desa Hawang, Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, saat terendam, Minggu (20/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Banjir Kalsel. Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (20/6/2020).

Hujan turun sejak sekitar pukul 07.30 Wita dan baru reda sekitar pukul 15.30 Wita.

Tingginya curah hujan membuat dua desa di Kecamatan Limpasu terendam, yaitu Hawang dan Abung.

Limpahan air dari sungai kecil yang berasal dari Gunung Titi tersebut meluap selama sekitar dua jam. 

Baca juga: Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Stimulan Korban Banjir Kalsel di HST, Diserahkan Simbolis ke Bupati

Baca juga: Banjir di Kalsel, Air di Haruyan Kabupaten HST Mulai Surut, Warga Tetap Waspada

Warga Desa Abung, Kecamatan Limpasu, Arul, kepada Banjarmasinpost.co.id, mengatakan, luapan air di sungai kecil Desa Pauh, turun ke Desa HAwang lalu ke Desa Abung.

Alhamdulillah, sekarang sudah menyurut. Tidak ada dampak langsung yang ditimbulkan. Paling merendam kebun-kebun warga yang baru ditanami bibit, semoga tidak ada yang rusak,” kata Arul.

Menurutnya, kondisi ini biasa terjadi jika terjadi hujan deras dan berdurasi lama. Karena sudah sering terjadi, warga tak kaget atau panik.

Kecamatan Limpasu salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten HST yang berada di dataran tinggi. “Sering kebanjiran, tapi hanya sebentar,” katanya.

Baca juga: Banjir Kalsel, Indikator Pengukur Sungai Barabai Masih Hijau, Warga Diimbau Tetap Waspada

Baca juga: Sidak ke Hutan Lindung Mangkiling Sebelum Banjir HST, Warga Temukan Fakta Illegal Logging di Meratus

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HST melalui satgasnya, melaporkan,  dampak hujan dengan intensitas sedang hingga deras hari ini mengakibatkan meluapnya aliran anak Sungai Birayang di wilayah Batangalai hari ini.

Dampaknya, Desa Hawang terendam, sekitar pukul 12.10 Wita. "Ketinggian air 10 sentimeter. Saat ini genangan air berangsur turun,” kata Kepala Pelaksana BPBD HST, Budi Haryanto.

Dijelaskan, selain merendam halaman rumah penduduk, air juga menggenangi jalan dengan ketinggian bervariasi hingga 10 sentimeter.

Banjir Kalsel. Luapan sungai merendam satu wilayah di Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (20/6/2021).
Banjir Kalsel. Luapan sungai merendam satu wilayah di Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (20/6/2021). (BPBD KABUPATEN HST)

Setelah di Desa Awang, air turun ke Desa Abung dan saat ini juga sudah berangsur surut.  “Aktivitas warga berjalan seperti biasa,” kata Budi.

Sementara itu, sungai barabai saat ini masih dalam kondisi normal, meski hujan juga mengguyur sejak pagi hingga sore tadi.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved