Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Dua Kecamatan Baru di Tanbu Mulai Data dan Perbaiki KTP Warga

Kecamatan baru telah berjalan beberapa bulan yakni Kusan Tengah dan Teluk Kepayang di Kabupaten Tanahbumbu.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kecamatan baru telah berjalan beberapa bulan yakni Kusan Tengah dan Teluk Kepayang di Kabupaten Tanahbumbu.

Lantaran telah dimekarkan, Kecamatan Kusan Tengah dari Kecamatan Kusan Hilir, serta Kecamatan Teluk Kepayang dari pemekaran Kecamatan Kusan Hulu, maka penduduknya otomatis haru berganti dokumem kependudukan.

Pasalnya saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanbu, sudah turun ke lapangan untuk melakukan perbaikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Camat Kusan Tengah, Arif Rahman Hakim, saat dikonfirmasi, Minggu (20/6/2021) mengatakan untuk di wilayahnya ada sebanyak 14.000 ribu jiwa dengan jumlah KK kurang leboh 4000an.

Baca juga: Dispencapil Batola Buka Layanan Online untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

" Saat ini untuk perubahan dokumen kependudukan sudah mulai berjalan khususnya perubahan KK terlebih dahulu," kata Arif.

Sementara itu, Camat Teluk Kepayang, Joni Suwarno, mengatakan untuk jumlah penduduknya ada sekitar 9090 jiwa dari 10 desa dengan jumlah KK sebanyak 2981.

" Ini data yang sudah terekam. Namun juga masih ada yang belum merekam karena berada diwilayah perbatasan dan jaraknya yang jauh. Namun Disdukcapil saat ini sudah turun ke lapangan secara pelan-pelan-melalukan perekaman," katanya.

Pekan ini, Disdukcapil juga akan turun di wilayah perbatasan yang ada dipelosok yakni Dadap, Tamunih dan Batu Bulan.

" Sementara ini, karena jarak dan akses yang lumayan, maka untuk mengantisipasi perubahan KK dan KTP, saat ini dikoordinatori oleh tiap RT. Selanjutnya RT yang akan mengumpulkan berkas dan diproses pihak kecamatan dan Disdukcapil," katanya.

Menurut Joni, Semuanya dipermudah, dan Disdukcapil Tanbu juga jemput bola ke desa-desa. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved