Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

Partisipasi Pemilih di PSU Pilgub Kalsel 2020 Kecamatan Banjarmasin Selatan Meningkat 10 Persen

KPU Banjarmasin mencatat jumlah pemilih pada PSU Pilgub Kalsel 2020 yang dilaksanakan pada Rabu (9/6/2021) mengalami kenaikan.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Suasana PSU Pilgub Kalsel 2020 di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Angka partisipasi pemilih PSU Pilgub Kalsel di Banjarmasin, khususnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan, meningkat.

Jumlah pemilih pada PSU Pilgub Kalsel 2020 yang dilaksanakan pada Rabu (9/6/2021) mengalami kenaikan.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman memaparkan berdasarkan persentase, jumlah pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan pada perhelatan PSU Pilgub Kalsel 2020 mencapai 68,15 persen.

Sedangkan pada saat Pilgub Kalsel 2020 (sebelum PSU, red) persentase pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya sebesar 57,25 persen.

Baca juga: Tim Hukum H2D Gugat Hasil PSU Pilgub kalsel 2020 ke MK, Paling Lambat Senin

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Siapkan Bukti Jika Denny Indrayana Maju ke Mahkamah Konstitusi

"Ada kenaikan sekitar 10 persen lebih," ujar Taufiq kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (21/6/2021).

Dijelaskan juga oleh Taufiq, meningkatnya angka partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan ini, salah satunya berkat kegiatan sosialisasi.

"Dari KPU Kalsel melakukan sosialisasi melalui media sosial, spanduk-spanduk dan sebagainya. Kemudian kita di KPU Banjarmasin juga melakukan sosialisasi langsung selama beberapa hari yang melibatkan RW, RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga pemilih pemula," jelasnya.

Taufiq menerangkan meningkatnya partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan tersebut, menunjukkan kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin juga meningkat.

Baca juga: Puskesmas di Tala Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Simpang Siur Informasi Jadi Kendala di Lapangan

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel, Identitas Korban Tewas Tabrakan di Banjarbaru Terungkap, Ternyata ODGJ

"Kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak politiknya dalam memilih pemimpin sesuai dengan keinginannya juga meningkat, meskipun sebenarnya ini diulang (PSU, red)," jelasnya.

Tidak kalah penting juga dibeberkan oleh Taufiq, meningkatnya partisipasi pemilih di PSU Pilgub Kalsel 2020 ini juga seiring dengan meningkatnya partisipasi pemilih pada PSU Pilwali Banjarmasin 2020.

Pemilihdi PSU Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan pada Rabu (28/4/2021) di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Mantuil, Murung Raya, Basirih Selatan) juga meningkat.

"Jadi untuk PSU Pilwali Banjarmasin dan PSU Pilgub Kalsel 2020, partisipasi pemilih dengan fokusnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan meningkat," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved