Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Respon Gugatan Denny Indraya ke MK, Tim BirinMu Minta Bukti Tak Direkayasa

Tim Hukum paslon 01 Pilkada Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu), Rivaldi Guci meminta tak ada bukti yang direkayasa

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Ilustrasi-Penandatanganan berita acara penetapan hasil rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) yang dimenangkan BirinMu, dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Banjarmasin, Kamis (17/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Paslon nomor urut 02 Denny Indrayana-Difriadi (H2D) resmi menggugat hasil PSU Pilgub Kalsel 2020.

Dalam gugatannya, Denny Indraya memohon pembatalan Paslon 01 Sahbirin-Muhidin sebagai kontestan pemilu, dan menetapkan Paslon 2 H2D sebagai pemenang terpilih Pilgub Kalsel 

Terkait gugatan Denny Indraya ke MK, Tim Hukum paslon 01 Pilkada Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor-H Muhidin (BirinMu), Rivaldi Guci mengatakan gugatan ke MK oleh Paslon 02 adalah hak paslon.

"Silakan saja, kalau permohonannya ada terkait dengan paslon 01 kita akan hadapi," ujarnyasaat dihubungi Senin (21/6/2021).

Baca juga: Resmi Denny Indrayana Kembali Gugat Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 ke MK

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, KPU Siapkan Bukti Jika Denny Indrayana Maju ke Mahkamah Konstitusi

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Saksi Denny Indrayana Tak Teken Hasil Rekapitulasi di Kecamatan Martapura

Meski begitu ia meminta agar tak ada rekayasa. MK adalah lembaga yang terhormat sehingga jangan  sampai diseret dengan adanya perkara bukti yang direkayasa.

"Berpolitik secukupnya badansanak salawasnya. Siapapun pemenangnya kita tetap badansanakan. Jaga banua jangan mau dipecah-belah," ujarnya.

Sementara Kuasa hukum BirinMu, Andi Syafrani menambahkan tim hukum BirinMu untuk gugatan kedua masih menunggu arahan dari tim kampanye.

"Siapa saja yang terlibat dalam tim kedua ini masih belum," ujarnya.

Termasuk pihaknya masih menunggu nomor registrasi perkara dari MK untuk dibuatkan surat kuasa dari Paslon setelah nama-nama tim hukum ditetapkan.

Baca juga: Hasil PSU Pilgub Kalsel Sementara Denny Indrayana Tertinggal, Ini Alasan Paslon 02 Gugat ke MK

"Selebihnya tentu tim hukum akan melakukan pembelaan secara maksimal unuk mempertahankan hasil PSU kemarin secara hukum," ujarnya.

Gugatan ke MK dilayangkan H2D bukan kali pertama, sebelumnya H2D juga menggugat hasil Pilgub Kalsel yang digelar Desember 2020 lalu hingga MK memutuskan melakukan PSU untuk Pilgub Kalsel yang diadakan pada 9 Juni. Hasil Pilgub kembali ditolak oleh saksi H2D dengan tujuh poin penolakan.
(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved