Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Naikkan Nilai Jual, Perempuan Tala Olah Haruan Jadi Bakso

Sejumlah perempuan di Tala mulai berkreasi membikin makanan olahan, di antaranya berbahan dasar ikan gabus (haruan).

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejumlah perempuan di Tala mulai berkreasi membikin makanan olahan, di antaranya berbahan dasar ikan gabus (haruan).

Hal ini mendapat apresiasi berbagai pihak mengingat haruan merupakan ikan khas lokal dan sangat diminati warga di Banua ini.

"Wah favorit banget makan ketupat atau lontong pakai ikan haruan. Lezatnya bikin ketagihan terus," ucap Amrul, warga Angsau, Pelaihari, Senin (21/6/2021).

Menurutnya pasti bakal laris manis pula jika ikan haruan diolah menjadi produk makanan kering seperti keripik.

"Yang sering dijumpai belut goreng kering ya. Kalau haruan dibikin gitu pasti nikmat banget," cetusnya.

Keterampilan pengolahan hasil perikanan saat ini sedang digencarkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala.

Rabu lalu mereka menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tala.

Kegiatan itu digelar di Kebun TP PKK Tala di kawasan Jalan Datu Insad, Pelaihari. Peserta antusias karena mendapatkan ilmu baru dalam hal mengolah makanan berbahan dasar haruan.

Pelatihan itu diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kabupaten. Seluruh peserta berpartisipasi membuat olahan bakso ikan gabus (haruan).

Ketua TP PKK Tala Hj Nurul Hikmah Sukamta berharap anggota PKK di daerah ini terus berkreasi dan kreatif seperti mengolah aneka menu makanan. Termasuk berbahan dasar ikan haruan yang merupakan ikan khas Kalimantan.

"Rasanya sih enak, tapi biasanya tampilannya kurang. Coba nanti bikin yang lebih berkelas atas, harus lebih kreatif," ucap Nurul. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved