Breaking News:

Balai Adat Dayak Maanyan Warukin

Wisata Kalsel, Lukisan Tentang Sejarah Desa Warukin di Balai Adat Maanyan Tabalong

Wisata Kalsel. Dinding berhias lukisan sejarah terdapat di Balai Adat Dayak Maanyan Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Wisata Kalsel. Lukisan menceritakan sejarah desa di area Balai Adat Dayak Maanyan, Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (22/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel. Di Balai Adat Dayak Maanyan Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), tak hanya diisi bangunan balai adat.

Tetapi di dalam area dengan pagar dan pintu gerbang ini juga terdapat beberapa ornamen lain yang mennjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Sangat menarik perhatian, selain bentuk bangunan balai adat, juga terdapat satu dinding, di sisi kanan dari arah pintu masuk area, dihiasi lukisan.

Lukisan yang dibuat sangat indah itu mengandung nilai sejarah karena menceritakan sejarah singkat Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Wisata Kalsel, Balai Adat Dayak Desa Warukin di Kabupaten Tabalong

Baca juga: VIDEO Travel - Melihat Dari Dekat Perbatasan Kalsel-Kaltim di Gunung Halat Desa Lano

Baca juga: Tawarkan Pemandangan Alam yang Eksotis, Wisata Embung Sawah Desa Jaro Tabalong Keren untuk Selfi

Sehingga, lukisan ini bisa menjadi satu sarana bagi siapapun khususnya generasi muda untuk mengetahui legenda tentang adanya Desa Warukin Tanjung ini dan suku Dayak Maanyan setempat.

Selain itu, di area balai adat ini juga terdapat tiang dari kayu ulin dengan ukiran patung atau disebut patung baluntang yang menandakan di lokasi itu pernah digelar ritual Aruh adat.

Kemudian juga ada landmark dengan kata Takam Waruken yang bisa menjadi sasaran untuk berswafoto dan juga foto bersama.

Fasilitas lainnya juga ada, yaitu taman disertai meja dan beberapa tempat duduk yang dibuat dari semen. Nyaman untuk tempat bersantai sejenak.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved