Breaking News:

Balai Adat Dayak Maanyan Warukin

Wisata Kalsel, Bangunan Balai Adat Dayak Maanyan Warukin Gunakan Kayu Ulin

Wisata Kalsel. Balai Adat Dayak Maanyan di Desa Warukin Kabupaten Tabalong sebagian besar menggunakan kayu ulin sehingga tetap kokoh sampai sekarang.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Wisata Kalsel. Bangunan Balai Adat Dayak Maanyan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, berkonstruksi kayu ulin sehingga sangat kokoh, Selasa (22/6/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel. Keberadaan bangunan Balai Adat Dayak Maanyan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, hingga saat ini terlihat sangat kokoh.

Ini karena sebagian besar bangunan dengan bentuk panggungnya berkonstruksi kayu ulin.

Selain itu, bangunan balai adat ini terlihat menarik karena mendapat sentuhan warna cat. serta adanya lukisan dengan motif ukiran yang sangat khas dengan nilai budaya.

Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, keberadaan balai adat ini merupakan simbol persatuan dan musyawarah mufakat bagi suku Dayak Maanyan.

Baca juga: Wisata Kalsel, Lukisan Tentang Sejarah Desa Warukin di Balai Adat Maanyan Tabalong

Baca juga: Wisata Kalsel, Balai Adat Dayak Desa Warukin di Kabupaten Tabalong

"Balai adat ini sedari dulu sudah ada, tetapi zaman dulu bangunannya tidak permanen dibangun.dengan kayu secukupnya, hanya bagian tertentu saja yang dibuat dengan kayu dari ulin,' ujar Dedy, Selasa (22/6/2021).

Sedangkan Balai Adat Dayak Maanyan Desa Warukin yang.ada sekarang ini, secara permanen dibangun menggunakan kayu ulin sejak 1997.

"Hampir sebagian besar menggunakan kayu ulin, sehingga kokoh dan kuat," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved