Breaking News:

Tajuk

Pengingat Proses Pembelajaran

Sekolah dan segala perangkat di dalamnya selalu mengingatkan dan ingat bahwa ini masa pandemi. Semuanya harus berbasis kepada protokol kesehatan.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - PENERIMAAN Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi dan afirmasi tahun ajaran 2021/2022 secara daring sudah dibuka di seluruh SMP Negeri di Banjarmasin. PPDB daring itu dijadwalkan selama tiga hari, yakni dari tanggal 21 sampai 23 Juni 2021.

Ada kendala, pihak orangtua beberapa di antaranya mengaku tidak paham. Sehingga tetap memutuskan mendatangi pihak sekolah.

Kita tak bisa menutup mata, situasi saat ini masih masa pandemi Covid-19, baik sadar maupun tidak sadar akan tetap menjadi sebuah petualangan pembelajaran yang akan berbeda dengan sebelum pandemi. Demikian ucapan dari seorang Moh. Yamin, Pemerhati Pendidikan Kalsel dan Penulis Buku-buku Pendidikan ini.

Solusi terbaik dengan PPDB offline dengan durasi tiga hari sebetulnya bukan diniatkan untuk menghasilkan proses pendidikan terbaik, namun setidaknya tetap membawa semua peserta didik agar kembali mengingatkan bahwa mereka semua adalah pembelajar.

Sekolah dan segala perangkat di dalamnya selalu mengingatkan dan ingat bahwa ini masa pandemi. Semuanya harus berbasis kepada protokol kesehatan.

Dinas pendidikan selaku penanggung jawab pelaksana pendidikan di daerah pun wajib mengawasi aktivitas pembelajaran di sekolah. Semua anak didik di semua jenjang pendidikan adalah generasi bangsa yang harus selalu sehat. Karena itu, penting Dinas Pendidikan bersama Satgas Covid-19 bertanggung jawab memonitor dan mengevaluasi aktivitas pendidikan di setiap sekolah.

Fakta lain, di Kabupaten Tanahlaut, beberapa sekolah masih kekurangan murid, informasinya banyak orangtua tertarik pondok pesantren. Pandangan sementara adalah barangkali dengan di pesantren, anak tidak banyak berinteraksi dengan orang luar, cukup di dalam pesantren saja.

Kini apapun pilihannya, perlu menghitung plus minusnya dengan tetap mengedepankan kesehatan tanpa kemudian mengabaikan pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa ke depan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved