Breaking News:

Balai Adat Dayak Maanyan Warukin

Wisata Kalsel, Mengunjungi Wisata Budaya Balai Adat Dayak Desa Warukin Tabalong

Wisata Kalsel. Budaya Balai Adat Dayak Desa Warukin Kabupaten Tabalong mudah dikunjungi. Bangunannya yang unik, ciri sebagai pusat pergelaran budaya.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Wisata Kalsel. Landmark Takam Waruken di Balai Adat Dayak Maanyan Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (22/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel. Objek wisata di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, cukup banyak.

Selain destinasi yang menyajikan keindahan alam, taman-taman cantik, religi yang sarat sejarah dan syiar Islam, ada juga yang budaya. 

Nah, untuk yang budaya adalah Balai Adat Dayak Maanyan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta. Tidak begitu jauh dari pusat kota tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Akses jalannya juga sangat nyaman karena hanya melewati ruas jalan beraspal yang cukup lebar, hingga ke depan balai.

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel, Melihat Tempat Pelatihan dan Budi Daya Ulat Maggot di Tabalong

Baca juga: Video Indahnya Melihat Bunga Bermekaran di Taman Poska Desa Pematang Kecamatan Benua Lawas Tabalong

Bila mengambil patokan dari Monumen Tanjung Puri atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan Tugu Obor Mabuun, jaraknya hanya sekitar 13 kilometer.

Arah perjalanan dari Tugu Obor Mabuun ini menuju ke arah Kabupaten Balangan melewati jalan nasional trans Kalsel-Kaltim atau ruas jalan A Yani.

Lalu setelah sekitar 11 kilometer menempuh perjalanan, tak jauh dari SPBU akan ada belokan di sisi kanan yang merupakan jalan arah ke Desa Warukin.

Dari pertigaan itu, dengan kondisi jalan masih lebar dan beraspal, Balai Adat Dayak Maanyan Desa Warukin bisa ditemukan di sisi kanan, sekitar 2 kilometer dari pertigaan Jalan A Yani.

Baca juga: VIDEO Berkunjung ke Wisata Embung Sawah di Desa Jaro Kabupaten Tabalong

Baca juga: Air Terjun Tangkum 1, 2 dan 3, Keindahan Alam Tersembunyi di Hutan Desa Panaan, Tabalong

Di tempat wisata tersebut, tak hanya diisi bangunan balai adat saja, tetapi di dalam area dengan pagar dan gerbang ini juga terdapat beberapa ornamen lain yang menjadi daya tarik.

Paling menarik perhatian, selain bentuk bangunan balai adat, juga terdapat satu dinding di sisi kanan dari arah pintu masuk area. Dindingnya ini penuh dengan mural.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved