Manfaat Madu

7 Khasiat Madu untuk Kesehatan Serta Manfaat Madu Menurut Alquran, Kenali Cara Bedakan Asli & Palsu

Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bahkan, di dalam Alquran Surah An-Nahl Ayat 69 disebutkan tentang manfaat madu.

Penulis: Mariana | Editor: Royan Naimi
Humas Pemko Banjarbaru
Pembibitan madu kelulut yang ada di kawasan Sungai Abit, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bahkan, di dalam Alquran Surah An-Nahl Ayat 69 disebutkan tentang manfaat madu.

Namun, selain khasiat atau manfaatnya, harus pula diketahui cara membedakan madu asli atau palsu.

Pasalnya, lantaran banyak dicari orang karena memiliki khasiat untuk kesehatan, ada oknum-oknum yang memanfaatkan dengan menjual madu tidak asli atau madu dicampur zat gula.

Tapi, sebelum mengetahui khasiat madu untuk kesehatan dan cara membedakan asli atau palsu, berikut kutipan ayat Alquran tentang khasiat/manfaat madu, Surah An-Nahl: 69. Adapun An-Nahl sendiri berarti lebah.

Baca juga: Beragam Manfaat Madu, Begini Tips Membedakan yang Asli dengan Palsu

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Summa kulii ming kullis-samaraati faslukii subula rabbiki zululaa, yakhruju mim butunihaa syaraabum mukhtalifun alwaanuhu fiihi syifaa'ul lin-naas, inna fii zaalika la'aayatal liqaumiy yatafakkarun.

Artinya:

"Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.”

Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia jika rutin dikonsumsi.

Madu alami memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, beragam manfaat dapat dirasakan dengan mengonsumsi madu yang mempunyai rasa manis alami.

Simak pula cara membedakan madu asli dan palsu agar khasiat bisa terserap sempurna ke dalam tubuh.

Konsumsi madu memang juga dianjurkan bagi umat muslim sesuai ajaran di dalam Al Quran.

Mengutip tribunnews.com, banyak manfaat akan didapat dari konsumsi madu. Tentunya madu asli alami bukan bercampur dengan gula pasir maupun pemanis lain.

Sejak zaman dahulu, madu tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan, tetapi juga obat yang mampu menyehatkan tubuh.

Madu sangat bagus untuk kesehatan tubuh termasuk vitalitas pria
Madu sangat bagus untuk kesehatan tubuh termasuk vitalitas pria (www.remediesforme.com)
Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved