Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Ikan Segar Normal, Harga Ikan Asin Turun di Banjarbaru

Saat ini harga ikan segar di pasar di Kota Banjarbaru, dijual dengan harga normal, sementara penurunan harga ada pada ikan asin jenis tenggiri.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Ikan yang dijual pedagang di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (24/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ikan adalah salah satu lauk makan yang banyak digemari masyarakat di Kalimantan Selatan, selain daging ayam dan sapi.

Jenis ikan yang ada di pasaran antara lain ikan segar dan ikan asin.  Ikan segar bersumber dari ikan laut, ikan sungai dan ikan tambak. Demikian pula ikan asin, ada yang bersumber dari sungai dan laut. 

Saat ini Harga Ikan segar dijual dengan harga normal, sementara penurunan harga ada pada ikan asin jenis tenggiri. 

Ikan segar harga per kilogramnya antara lain gembung Rp 35.000, bandeng Rp 22.000, tongkol Rp 40.000,  nila Rp 35.000, patin Rp 25.000, haruan Rp 65.000, papuyu Rp 80.000.

Baca juga: Daftar Harga Sepeda Lipat Terbaru, Produsen Berikan Diskon Harga

Baca juga: Chef Adel Kebanjiran Order, Bisnis Kue Kering di Kota Banjarmasin Kembali Menggeliat

Adapun ikan kering tenggiri atau biasa disebut juga iwak karing telang Rp 75.000, sebelumnya mencapai Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu per Kg. Turunnya harga karena pasokan ikan banyak. 

Menurut Rahmi, penjual ikan di Pasar Bauntung Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (24/6/2021), penurunan Harga Ikan tenggiri sudah sepekan terakhir dan pembeli juga lumayan banyak. 

"Pasokan ikan kering tenggiri memang lagi banyak, begitu juga permintaannya. Sehari terjual bisa sampai 10 kg," ujarnya. 

Lanjut Rahmi, ikan asin tenggiri adalah olahan masyarakat lokal kawasan pesisir antara lain dari Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru. 

Baca juga: VIDEO Teken MoU dengan BTN dan Pengembang, Polda Kalsel Mudahkan Personelnya Miliki Rumah Sendiri

Baca juga: Giliran Landasan Ulin Banjarbaru Disasar Pasar Murah Dinas Perdangangan Kalsel

Sedangkan menurut Supian, pedagang ikan asin di pasar malam Guntung Manggis, Banjarbaru, mengatakan, saat ini lagi musimnya jenis tenggiri. 

"Tangkapan nelayan lagi melimpah. Olahan ikan asin tenggiri banyak masuk pasar. Karena ikan asin tenggiri ini memang disukai masyarakat, makanya sangat laku," tukasnya. 

Ikan asin tenggiri atau Iwak karing telang selain digoreng juga bisa dibuat campuran sayur masak santan. Menu ini memang salah satu favorit urang Banjar. 

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved