Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pasca KM KIrana IX Tabrakan di Alur Barito Kalsel, Hanya KM Dharma Kartika IX yang Beroperasi

Dharma Lautan Utama hanya akan mengoperasikan KM Dharma Kartika IX untuk layani penumpang dari Banjarmasin setelah KM Kirana IX rusak akibat tabrakan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BASARNAS KALSEL
Kapal Motor (KM) Kirana IX mengalami kerusakan pada bagian haluannya akibat bertabrakan dengan tugboat di alur Sungai Barito, Kalimantan Selatan, Selasa (22/6/2021) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah bertabrakan dengan tugboat di Sungai Barito, Kapal Motor (KM) Kirana IX akan menjalani perawatan di Surabaya hingga satu pekan ke depan.

Tabrakan itu terjadi di Alur Barito saat Selasa (22/6/2021) malam dengan Tugboat Bomas Gold, akibatkan KM Kirana IX yang sedang angkutan ratusan penumpang termasuk anak-anak dan bayi mengalami kerusakan di ujung haluannya.

Mengenai antrean penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, menurut Kacab Dharma Lautan Utama, Anton Wahyudi, tidak terjadi. 

"Penumpang pada akhir-akhir ini sepi, sehingga masih bisa dilayani satu kapal , yakni KM Dharma Kartika IX.  Jadi yang operasi sementara KM Dharma Kartika IX Ini. Cukup satu karena sepi," ujarnya, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Tabrakan dengan Tugboat, KM Kirana IX Berhasil Merapat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Baca juga: Tabrakan Kapal di Alur Barito, SAR Banjarmasin Sebut Insiden Kecil dan Tak Ada Korban JIwa

Bedanya KM Dharma Kartika IX dengan KM Kirana IX adalah dari segi kelas. Kalau KM Kirana IX ada kelas VIP dan KM Dharma Kartika IX ini kelas ekonomi. 

Dari pantauan, tidak ada antrean calon penumpang yang mau ikut kapal. Terpantau sepi. 

Sekedar diketahui untuk harga tiket kapal ke Surabaya untuk kelas ekonomi sebesar Rp 320 ribu, untuk anak anak Rp 245 ribu dan bayi Rp 40 ribu.

Untuk tiket kelas III, kelas II dan kelas 1, dari Rp 330 ribu , Rp 350 ribu, hingga Rp 370 ribu untuk tiket dewasa.

Baca juga: KM Kirana IX Angkut Ratusan Penumpang Termasuk Bayi Saat Tabrakan dengan Tugboat

Baca juga: BREAKING NEWS: Kontak Fisik Dua Kapal di Sungai Barito, Haluan KM Kirana IX Alami Kerusakan

Harga ini belum termasuk alat rapid test atau GeNose sebagai salah satu syarat wajib angkutan penumpang perjalanan laut. 

Adapun untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta, untuk truk hingga tronton (kosong) sebesar Rp 3,5 juta hingga Rp 5,5 juta. Harga belum termasuk pass Pelindo. 

Sementara itu, seorang penumpang, Suhar, mengatakan, semula istri dan anaknya mau ikut kelas VIP jalur laut.

Haluan KM Kirana IX yang mengalami kerusakan akibat bertabrakan dengan tugboat di alur Sungai Barito, Kalimantan Selatan, Selasa (22/6/2021) malam.
Haluan KM Kirana IX yang mengalami kerusakan akibat bertabrakan dengan tugboat di alur Sungai Barito, Kalimantan Selatan, Selasa (22/6/2021) malam. (BASARNAS BANJARMASIN)

"Tapi kalau kapal diperbaiki, isteri dan anak naik pesawat, sementara saya tetap jalur laut," kata Suhar, warga Banjarmasin.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved