Breaking News:

Berita Tala

Pengaspalan Jalur Alternatif Atilam-Kunyit Segera Dilakukan, PUPRP Tala Targetkan Dua Bulan

Kabar melegakan bagi warga Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya yang berdomisili di Kota Pelaihari. Ini menyusul segera

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
DISKOMINFO TALA
Beginilah kondisi jalur alternatif Atilam-Kunyit yang sangat berdebu saat cuaca panas. Dalam waktu dekat jalur setempat akan diaspal. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabar melegakan bagi warga Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya yang berdomisili di Kota Pelaihari. Ini menyusul segera diaspalnya jalur alternatid Atiam-Kunyit.

Jalur tersebut mengalami kerusakan cukup parah sejak dijadikan jalan alternatif lalu lintas barang dan jasa pascaruntuhnya dua sisi oprit jembatan Tabanio 2 di ruas Jalan A Yani, Kelurahan Pabahanan, pertengahan Januari 2021 lalu.

Badan jaan setempat yang semula beraspal mulus langsung terkoyak dan bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Tala kemudian meratakannya mengguanakan material batu split.

Saat cuaca panas, jalan sepanjang sekitar lima kilometer itu menjadi sangat berdebu hingga kerap dikeluhkan warga yang rumahnya berada di kanan kiri bahu jalan. Bahkan jalan terusan dari Kunyit ke Balerejo (kota) yang melintasi Desa Atuatu, sebagian kondisi badan jalannya juga turut rusak dan berdebu.

Baca juga: Tak Mau Lintasi Jalan Rusak di Balangan, Riza Pilih Jalur Memutar

Baca juga: Wisata Kalsel, Jalan Rusak Hambat Perjalanan ke Pantai Teluk Tamiang Kotabaru

Baca juga: Melalui Program PISEW, Jalan Rusak di Desa Danda Jaya Kabupaten Batola Diperbaiki

Baca juga: Kelangkaan Elpiji Kalsel, Jalan Rusak, Distribusi Gas ke Wilayah di Kalteng Terdampak

"Sengsara kalau melewati jalur Atilam-Kunyit, termasuk di Atuatu, debu banget kalau pas panas. Mudahan saja lah cepat diaspal kembali," harap Rino, warga Pelaihari, Selasa (29/6/2021).

Kepala Dinas PUPRP Tala H Agus Sektyaji mengatakan perbaikan jalur Atilam-Kunyit serta di Atuatu hingga Balerejo sudah dianggarkan. Saat ini sedang berproses tahap pelelangan di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Dikatakannya, sumber dana untuk pengaspalan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tala. Jumlah dana yang digelontorkan sebesar 15 miliar meliputi ruas Jalan Pabahanan-Kunyit dan Balirejo-Bajuin.

Pejabat eselon II ini mengtakan pelaksanaan pengaspalan jalan akan dilaksanakan sesegeranya setelah tahapan UKPBJ selesai. Ditargetkan penyelesaian pengerjaan selama dua bulan.

Agus mengatakan selama tahap pengerjaan nanti dipastikan bakal mengganggu pengguna jalan. "Kami menyarankan agar selalu berhati-hati dan mematuhi lalu lintas agar semuanya berjalan, masyaraskat tetap bisa melinta dan pengerjaan tidak terhambat," sebutnya.
(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved