Breaking News:

Berita Kalteng

Pusat Gelontor Rp600 Miliar Tingkatkan Infrastruktur Jalan Kawasan Food Estate Kalteng

Anggaran yang harusnya dianggarkan Rp.800 miliar menjadi Rp 600 miliar untuk semua pengerjaan infrastruktur pendukung food estate di Kalteng

Penulis: Fathurahman | Editor: Eka Dinayanti
dinas pupr kalteng
Infrastruktur kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas terus dibenahi untuk mendukung program ketahanan pangan nasional 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Pusat menggelontor anggaran dana APBN sebesar Rp600 miliar untuk meningkatkan infrastruktur jalan mendukung program ketahanan pangan food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalteng Hardi Siahaan, mengatakan, pihaknya melakukan peningkatan dan pelebaran jalan Kabupaten Pulang Pisau ke arah Desa Belanti Siam sepanjang 41 kilometer, untuk mendukung percepatan lumbung pangan nasional dan food estate.

“Saat ini kami melakukan peningkatan dan pelebaran jalan di Kabupaten Pulang Pisau tepatnya di Desa Belanti sepanjang 41 kilometer menuju ke kawasan food estate sebagai penunjang dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Hardi Siahaan.

Hardi Siahaan menyebut jalan Kabupaten tersebut akan selesai pada akhir Tahun 2021 mendatang, dimana sebelumnya karena refokusing anggaran yang harusnya dianggarkan Rp.800 miliar menjadi Rp 600 miliar untuk total semua pengerjaan infrastruktur pendukung food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Baca juga: Tes RT-PCR Masuk Kalteng Dinilai Pengusaha Jasa Pengiriman di Banjarmasin Sangat Memberatkan

Baca juga: Ditarget 50 Persen hingga Akhir Juli, Pemprov Kalteng Genjot Vaksinasi Lansia

“Penyelesaian pembangunan ini, sebenarnya kontraknya sampai 2022 awal karena ada refocusing anggaran. Tetapi, akan diupayakan diselesaikan pada Bulan Desember tahun 2021 ini. Untuk anggaranya murni APBN, seharusnya sekitar Rp 800 miliar, karena refokusing menjadi Rp 600 miliar. Saat ini bertahap dikerjakan peningkatan infrastrukturnya,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Shalahuddin, Rabu (30/6/2021) telah memantau aktivitas perbaikan jalan tersebut.

Dia mengatakan berbagai ruas yang dipantau mulai dari pengerukan, penimbunan hingga mulai pengerjaan perbaikan jembatan.

Baca juga: Belum Lulus, Mahasiswa Perguruan Tinggi di Tanahlaut ini Sudah Dipesan Perusahaan Besar

Baca juga: Kebakaran di Kalsel, Hangus Terbakar, Rumah Bekas Potong Hewan di Marabahan Rata dengan Tanah

“Jalan kecil diperbesar menjadi delapan meter dan enam meter untuk aspalnya. Saat ini secara bertahap sudah dikerjakan, termasuk jembatan yang awalnya kayu menjadi beton. Kami terus berkoordinasi dengan Kementrian agar terlaksana dengan baik," ujarnya.

Proyek APBN pusat ini dikerjakan sampai ahir tahun 2021, pada dua kabupaten yakni Pulang Pisau dan Kapuas tentunya dalam rangka untuk mendukung program strategis nasional food estate,” ujar Shalahduddin.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved