Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Lansia Tanahlaut Ini Terharu Saksikan Rumah Baru Layak Huni yang Bakal Ditempati

Arbaiyah terharu menyaksikan penyelesaian rumahnya yang direhab melalui TMMD ke-111 Kodim 1009/Tanahlaut

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Di tengah usianya yang kini menapaki beranda senja, secercah asa baru menyelubungi kehidupan Arbaiyah. Perempuan lanjut usia warga Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), ini sekarang bisa tersenyum lega.

Tak lama lagi ia bisa tidur secara nyaman dan nyenyak. Personel TNI bersama warga di kampungnya sekarang sedang menuntaskan rumah baru untuk janda berekonomi lemah yang bermukim di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin (Tala), tersebut.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, sejak Selasa kemarin hingga Rabu (30/6/2020) hari ini, beberapa orang tentara dan warga sibuk menyelesaikan tahap finishing rumah berkonstruksi beton di lingkungan RT 23 Dusun 6 (Riam Pinang) itu.

Ada yang bertugas mengecat kusen jendela dan pintu, memplamir dinding, ada pula yang memplester sepatu (permukaan) pondasi. Sejak beberapa pekan lalu, mereka bahu-membahu membangun rumah berukuran sekitar 6x4 meter tersebut.

Rumah beratap genteng metal dan berdinding beton plus papan partisi itu dibangun melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009/Tanah Laut. 

Perencanaan awal rumah sasaran bakti sosial (bedah rumah) tersebut hanya akan direnovasi. Namun setelah melihat kondisi fisik rumah Arbaiyah telah reot dan mulai lapuk, Dandim 1009/Tla Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH MA kemudian memutuskan untuk membangunkan rumah baru.

Letak rumah baru tersebut berada di sebelah kiri rumah lama Arbaiyah, jaraknya hanya sekitar sepuluh meter. Posisinya sama yakni menghadap jalan poros (aspal) di dusun setempat.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Arbaiyah menuturkan telah cukup lama menempati rumah kayunya yang usang tersebut. Di rumah itu dirinya hanya bersama seorang cucunya.

Tak ada pilihan lain kecuali bertahan di rumah tua itu meski dalam kondisi yang serba terbatas. Atap yang compang-camping kerap membiaskan air hujan ke lantai melalui celah lubang-lubang. Saat dinihari dinginnya udara juga kerap merangsek melalui dinding yang rapuh dan tak utuh lagi.

Jangankan untuk memperbaiki rumah, sekadar mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari pun teramat pas-pasan. Apalagi tenaganya yang lemah tergerus usia tak memungkinkan lagi baginya bekerja mencari nafkah.

Karena itu, Arbaiyah mengaku sangat terharu dibangunkan rumah baru oleh tentara melalui program TMMD.

"Terima kasih banyak Pak Tentara yang sangat baik membantu saya," ucapnya lirih.

Tak banyak kata yang keluar dari mulut perempuan tua itu. Bola mata Arbaiyah berkaca-kaca menyiratkan ungkapan keterharuan yang mendalam. 

Ia memandangi rumah barunya yang masih dalam pengerjaan tahap akhir dengan penuh asa baru. Senyumnya pun mengembang ketika dinyatakan pekerjaan segera selesai dalam waktu dekat.

(banjarmasipost.co.id/idda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved