Breaking News:

Kapuas Kota Air

Bupati Ben Brahim Keluarkan SE PDH Batik, ASN dan Tenaga Kontrak Wajib Pakai Batik Khas Kapuas

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengeluarkan Surat Edaranpenggunaan PDH Batik. ASN dan tenaga kontrak kini wajib mengenakan batik khas Kapuas

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
Humas Kominfo Kapuas
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menggunakan pakaian batik dan lawung saat kegiatan yang dihadirinya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan nomor : 025/704/Org.2021 tentang penggunaan pakaian dinas bagi ASN dan tenaga kontrak dilingkup Pemkab Kapuas.

Ini dalam rangka meningkatkan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH).

Isi surat edaran sebagaimana rilis diterima, Kamis (1/7/2021), Bupati meminta kepada seluruh ASN dan tenaga kontak untuk mematuhi dan mentaati seluruh ketentuan penggunaan pakaian dinas yang berlaku di Lingkungan Pemkab Kapuas.

Dirinya pun menegaskan kepada seluruh ASN dan tenaga kontak, untuk menggunakan PDH batik, berupa batik ciri khas Kapuas/Kalimantan Tengah beserta Lawung/Sumping pada jam kerja di hari Kamis, Jumat dan Sabtu (bagi perangkat daerah yang melaksanakan 6 hari kerja).

“Untuk penggunaan pakaian olahraga, pada hari Jumat pukul 06.30-07.30 WIB dan hanya diperkenankan apabila terdapat kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah/dilaksanakan di Kantor Bupati Kapuas,” imbuh Ben di dalam surat edaran tersebut.

Lebih lanjut, Bupati Kapuas dua periode itu juga meminta kepada setiap Kepala Perangkat Daerah agar berperan aktif dalam membina dan memberikan himbauan serta teguran kepada ASN dan tenaga kontrak yang tidak mematuhi dan mentaati ketentuan berpakaian sebagaimana yang sudah disampaikan.

Adapun pakaian Dinas untuk ASN pada hari Senin-Selasa yaitu PDH warna khaki dengan atribut yang dikenakan berupa nama daerah dan lambang daerah, lencanan Korpri, papan nama, tanda pengenal dan topi. Kemudian untuk hari Rabu yakni PDH kemeja putih dengan atribut lencana Korpri, papan nama dan tanda pengenal.

Sedangkan untuk hari Kamis dan Jumat memakai pakaian PDH batik ciri khas Kapuas/Kalteng dengan atribut Lawung (laki-laki) dan Sumping (Perempuan) serta Lencana Korpri, papan nama dan tanda pengenal. Selanjutnya pada tanggal 17 disetiap bulannya dan hari-hari besar nasional maupun daerah pakaian yang digunakan berupa pakaian Korpri dengan atribut peci polos warna hitam, lencana Korpri, papan nama dan tanda pengenal.

Adapun pakaian kerja untuk tenaga kontrak pada hari Senin-Rabu yakni untuk laki-laki kemeja putih dan celana warna hitam serta untuk perempuan berupa kemeja putih dan rok warna hitam dengan atribut yang digunakan berupa papan nam dan tanda pengenal.

Selanjutnya untuk hari Kamis-Jumat berupa kemeja batik ciri khas Kapuas/kalteng serta bawahan (celana/rok) menyesuaikan dengan atribut berupa papan nama, tanda pengenal dan Lawung (pria)/Sumping (wanita).

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved