Breaking News:

Berita Palangkaraya

Sejumlah Tempat Wisata Dibuka untuk Pemulihan Perekonomian Kalteng

Sejumlah tempat wisata di Kalimantan Tengah dibuka untuk pemulihan ekonomi di Bumi Tambun Bungai setelah sebelumnya ditutup.Penutupan tersebut sangat

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost co.id / faturahman
Taman Wisata Air Hitam Dermaga Kereng Bengkirai Palangkaraya sudah dibuka dan ramai dikunjungi namun warga yang datang wajib mentaati Protokol Kesehatan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sejumlah tempat wisata di Kalimantan Tengah dibuka untuk pemulihan ekonomi di Bumi Tambun Bungai setelah sebelumnya ditutup.Penutupan tersebut sangat berdampak terhadap industri pariwisata di wilayah Provinsi dalam beberapa bulan.

Plt Sekda Kalteng, Nuryakin menuturkan kondisi ini kali ini, tidak sebagus sebelum terjadinya Covid-19 melanda Indonesia. Pada 2019 jumlah pengunjung ke taman budaya ada 10.734 orang."Kunjungan ke taman budaya turun drastis, dalam 2020 ada 2.832 pengunjung, namun Bulan Mei 2021 ini baru sekitar 700 pengunjung yang berkunjung," ujarnya.

Kondisi serupa juga dialami oleh Museum Balanga yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 2, Kota Palangkaraya yang dalam tahun 2019 pengunjung di museum Balanga ada 5.988 orang, namun dalam 2020 turun menjadi 2.365 pengunjung, karena di tahun ini wabah Covid-19 mulai melanda, bulan Maret 2020 “Tahun ini dari Januari sampai Mei 2021 baru ada 241 pengunjung,” ujarnya, Kamis (1/7/2021).

Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk memulihkan industri pariwisata di 1 kota dan 13 kabupaten di Bumi Tambun Bungai ini."Salah satunya membuka objek wisata unggulan Kalteng yaitu Taman Nasional Tanjung Puting mulai dibuka per 9 Februari 2021. Begitu pula dengan Taman Nasional Sebangau dibuka per 9 Juni 2021 sudah dibuka," ujarnya.

Baca juga: Wisata Kalteng, Kebun Buah Cipta Rasa Palangkaraya, Pengelola Berharap Bantuan Infrastruktur

Baca juga: Wisata Kalteng, Kebun Buah Cipta Rasa Palangkaraya, Jadi Tempat Edukasi Pelajar dan Mahasiswa

Baca juga: Wisata Kalteng, Kebun Buah Cipta Rasa Palangkaraya, Tersedia Bibit Buah-buahan

Baca juga: VIDEO Wisata Kalteng, Isi Hari Libur ke Kebun Buah Cipta Rasa di Palangkaraya

Sedangkan untuk perhotelan sudah 80 persen terisi tamu dan pengunjung ke Kalteng. Begitu juga wisata kuliner, ekonomi kreatif dan tempat hiburan perlahan-lahan mulai kembali bangkit. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Talajan, mengatakan, saat ini perekonomian kawasan wisata kuliner di Jalan Yos Soedarso Palangkaraya sudah ramai tumbuh.

"Saya melihat sendiri kawasan wisata kuliner kita yang ada di Jalan Yos Soedarso saat ini tumbuh, tentunya ini tanda baik bagi pertumbuha perekonomian meski saat Pandemi Covid-19.Namun, pengunjung dan pemilik usah harus taat protokol kesehatan," ujarnya. (banjarmasinpost co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved