Breaking News:

Air Terjun Riam Bainggi

Wisata Kalsel, Menuju Air Terjun Riam Bainggi di Balangan Dianjurkan untuk Jalan Kaki

Wisata Kalsel. Jalan menuju Air Terjun Riam Bainggi di Desa Dayak Pitap Kabupaten Balangan cukup sulit sehingga pengunjung disarankan berjalan kaki.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Wisata Kalsel. Pengunjung di Air Terjun Riam Bainggi Desa Dayak Pitap, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Wisata Kalsel. Air Terjun Riam Bainggi di Desa Dayak Pitap, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan objek wisata baru.

Objek wisata ini baru dibuka untuk umum dan dikelola oleh masyarakat setempat sejak pertengahan 2020.

Akses jalur menuju air terjun bisa dikatakan mudah-mudah sulit karena menggunakan Jalan Usaha Tani yang mengitari pegunungan.

Tantangan utamanya, selain jalan yang sempit, yakni naik turun gunung. Apalagi, kondisi jalan yang berlumut dan bisa dikatakan licin.

Baca juga: Wisata Kalsel, Pesona Air Terjun Riam Bainggi di Kabupaten Balangan

Baca juga: Budaya Adat Mesiwah Pare Gumboh Desa Liyu Diusulkan Jadi Warisan Budaya Non Benda

Tentunya, tidak semua jenis motor bisa melintas di jalan ini. Selain itu juga diperlukan kemampuan berkendara yang sangat baik.

Warga setempat biasanya selalu menginformasikan kondisi jalan. Mereka memberitahukan jalan yang menggunakan Jalan Usaha Tani dan bisa dilintasi sepeda motor.

Namun karena jalannya licin dan naik turun gunung, sehingga dianjurkan untuk berjalan kaki.

"Memang bisa menggunakan sepeda motor, namun tidak disarankan. Apalagi jalannya licin. Hanya motor dan pengendara yang memiliki kemampuan yang sangat baik saja yang bisa sampai," ucap Rohinda, anggota Pokdarwis Dayak Pitap, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: VIDEO Wisata Taman Bambu Air Desa Hauwai : Dari Pemandian Warga, Jadi Objek Wisata

Baca juga: Kebun Raya Kabupaten Balangan Bakal Dilengkapi dengan Restoran dan Garden Shop

Tentunya juga diperlukan keberanian untuk menuju Air Terjun Riam Bainggi, apabila memilih menggunakan sepeda motor. Kemudian, perlu tenaga lebih ketika wisatawan memutuskan untuk berjalan kaki.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved