Breaking News:

PPKM Darurat

WNA Masuk Indonesia Wajib Kartu Vaksin dan Hasil Tes PCR Negatif Covid-19, Berlaku Mulai Hari Ini

Mulai hari ini Minggu (4/7/2021), seluruh WNA yang masuk Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksin dan hasil tes PCR negatif Covid-19.

Editor: Anjar Wulandari
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Petugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). WNA Masuk Indonesia Wajib Kartu Vaksin dan Hasil Tes PCR Negatif Covid-19, Berlaku Mulai Hari Ini 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pengetatan syarat perjalanan jarak jauh selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat tidak hanya untuk Warga Negara Indonesia.

Pemerintah juga memberlakukan ketentuan ini terhadap para Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Indonesia.

Mulai hari ini Minggu (4/7/2021), seluruh WNA yang masuk Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksin sebagai bukti telah vaksinasi covid-19, dan hasil tes PCR negatif Covid-19.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan penerapan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali.

Kebijakan itu untuk menghambat penyebaran covid-19 yang belakangan kasusnya malah terus melonjak. Ditambah adanya kekhawatiran setelah sejumlah covid-19 varian baru terdeteksi masuk Indonesia.

Baca juga: PPKM Darurat Berlaku, 20 TKA China Malah Kepergok Tiba di Makassar, Begini Kata Disnakertrans Sulsel

Baca juga: Belum Ada Penerapan PPKM, Aktivitas Minggu Pagi di Siring Sudirman Banjarmasin Tak Terlalu Padat

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi dalam konferensi pers perkembangan penerpaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Minggu sore.

"Hari ini seluruh warga negara asing yang masuk Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksin dan hasil PCR negatif Covid-19 setelah tiba di gerbang kedatangan internasional," kata Jodi dilansir dari Kompas.com.

Jodi menjelaskan, mulai Selasa (6/7/2021), ketentuan detail dan petunjuk aturan terkait hal tersebut akan segera dirilis oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Selain itu, mereka juga diwajibkan menjalani karantina selama 8 hari dengan dua kali tes PCR.

Ketentuan karantina tersebut juga berlaku bagi warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri yang baru datang ke Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved