Breaking News:

Kriminalitas Banjarbaru

Gadaikan Motor Sewaan, Seorang Ibu Rumah Tangga Diamankan di Polsek Banjarbaru Barat

Ibu rumah tangga yang menggadaikan motor sewaan seharga Rp 6 juta diamankan dari kosnya di Cindai Alus Martapura oleh petugas Polsek Banjarbaru Barat.

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
POLSEK BANJARBARU BARAT
Tersangka penggadai motor sewaan, NM (40), kini diamankan di Polsek Banjarbaru Barat, Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Melakukan penggelapan, ibu rumah tangga asal Kabupaten Banjar, NM (40) dijemput petugas Reskrim Polsek Banjarbaru Barat, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, di kediamannya.

Tersangka dijemput polisi di Desa Cindai Alus, Kota Martapura, Kabupaten Banjar,  Provinsi Kalsel.

Itu setelah dilaporkan Mawardi (43), warga Sungai Karangan, Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kota Banjarbaru,  Kalsel.

Bermula saat Selasa (11/5/2021) sekitar pukul 16.00 Wita, pelaku datang ke rumah korban dengan maksud untuk menyewa sepeda motor Scoopy merah hitam DA 6591 BEH.

"Rencananya disewa 10 hari untuk dipakai keperluan sehari-hari," kata Kapolsek Banjarbaru Barat, Kompol Andri Hutagalung, melalui Kanitreskrim, AKP Slamet Raharjo, Senin (5/7/2021). 

Baca juga: Turun Langsung Jadi JPU Pembunuhan Guru Kontrak di Banjarbaru Kalsel, Kajari Sebut Kasusnya Unik

Baca juga: 8 PSK Eks Lokalisasi Pembatuan Banjarbaru Disidang, 3 Divonis Kurungan 15 Hari dan Denda Rp 500 Ribu

Sepuluh hari berlalu, korban pun mendatangi kediaman pelaku. Namun ternyata tidak ada di rumah.

Tak ada juga  itikad baik untuk menyerahkan sepeda motor, akhirnya dilaporkanlah ke Polsek Banjarbaru Barat

Selanjutnya, anggota Reskrim Polsek Banjarbaru Barat mendapatkan informasi keberadaan pelaku yang menyewa di sebuah kos di Desa Cindai Alus.

"Dari pengakuan pelaku, Honda Scoopy tersebut digadaikan Rp 6 juta kepada temannya di kawasan Balitan, Kota Banjarbaru," bebernya. 

Kemudian, pelaku dibawa ke rumah temannya di Balitan tersebut. Ternyata sedang digunakan ke Padang Batung  Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

Baca juga: VIDEO Pencuri Motor di Cempaka Banjarbaru Ditangkap, Ternyata Residivis Asal Tanahlaut

Baca juga: Narkoba Kalsel : Nyanyian Uyoh Bawa Warga Banjar Disel, Polisi Amanken 19 Paket Sabu dan 8 zenith

Pelaku dibawa ke Polsek Banjarbaru Barat, selanjutnya tim berkoordinasi dengan Polsek Padang Batung untuk mendatangi rumah orang yang menggunakan sepeda motor korban, mengamankan dan membawa ke Polsek Banjarbaru Barat

Ditambahkan Slamet, pelaku mengakui perbuatannya dan  juga mengakui memang memiliki niat mengadaikan. Alasan pelaku, uangnya untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Berdasarkan kasus ini, Slamet mengimbau kepada masyarakat agar sebelum menyewakan sepeda motor atau barang berharga lainnya supaya dicek terlebih dulu.

"Cek dulu sebelum mmenyewakan, baik itu pekerjaan penyewa, tempat tinggal, KTP,  sehingga apabila terjadi sesuatu bisa cepat dilakukan penyelidikan dan orang yang mau berbuat jahat berpikir ulang untuk melakukan," imbaunya.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved