Breaking News:

Berita Kalteng

Pos Penyekatan Perbatasan Kalteng di Kapuas Diaktifkan, Melintas Wajib Penuhi Persyaratan ini

Pos penyekatan perbatasan Kalselteng di Kabupaten Kapuas kembali diaktifkan. Setiap warga yang melintas wajib memperlihatkan bukti antigen atau PCR

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
fadly
Aktivitas pemeriksaan di pos penyekatan perbatasan Kalselteng di Kapuas, Senin (5/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pos penyekatan perbatasan Kalselteng di Kabupaten Kapuas kembali diaktifkan, Senin (5/7/2021).

Masih dilokasi yang sama seperti pos penyekatan peniadaan mudik beberapa waktu yang lalu, yakni di Jembatan Timbang Kilometer 12,5 Anjir Kapuas Timur.

Petugas teliti dan sigap melakukan pemeriksaan sesuai persyaratan yang ditetapkan. Tidak memenuhi syarat, maka kendaraan yang hendak masuk Kalteng melalui Kapuas, akan diputar balik.

Spanduk berisi pemberitahuan pun sejak di perbatasan jauh sebelum pos penyekatan sudah dipasang.

Baca juga: Wakil Bupati Kapuas M Nafiah Ibnor Apresiasi Kesiagaan Petugas Pos Perbatasan Kalselteng

Baca juga: Pos Perbatasan Kalselteng di Kapuas Dijaga 24 Jam, Lebih 100 Kendaraan Diminta Putar Balik

Diantaranya berisi pemberitahuan "Hati-hati ada pemeriksaan. Agar menyiapkan surat keterangan antigen/PCR dan KTP".

Lalu, ada juga pemberitahuan "siapkan surat keterangan antigen/PCR, kalau tidak mau putar balik". Kemudian, "Mohon maaf perjalanan anda terganggu, silakan berhenti untuk diperiksa".

"Ini adalah kegiatan penyekatan sebagai implementasi Surat Edaran Gubernur Kalteng nomor 443.1/107/Satgas Covid-19 tanggal 28 Juni 2021 untuk pencegahan covid-19 di wilayah Kalteng," kata Kapolsek Kapuas Timur, Iptu Eko Sutrisno, Senin (5/7/2021) sore.

Pemeriksaan dimaksud, lanjut Kapolsek, khususnya untuk kendaraan yang akan melalui atau masuk Kalteng melewati Kapuas.

"Dan sesuai dengan surat edaran tersebut, kegiatan (pemeriksaan) ini dilaksanakan 14 hari ke depan dan nanti akan dievaluasi apakah diperpanjang atau tidak," ujarnya.

Kegiatan ini melibatkan lintas sektor terdiri dari unsur kepolisian, TNI, BPBD, Kesehatan, Dishub serta Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas yang tergabung dalam tim terpadu, bertugas 1×24 jam, dengan piket dibagi tiga regu.

"Kami imbau ke masyarakat membatasi mobilitas yang tidak perlu. Jika ingin masuk ke wilayah Kalteng, melalui Kapuas agar menyiapkan surat Rapid Antigen, sekurang-kurangnya pengambilan sampel 1×24 jam, atau PCR sekurang-kurangnya pengambilan sampel 3x24 jam," harapnya.

Baca juga: VIDEO Kapolda Tegaskan Penyekatan Perbatasan Jalur Darat Kalteng Dilakukan Mulai Senin Mendatang

Pihaknya pun berharap perhatian dan maklum bersama dengan adanya pemeriksaan di pos perbatasan itu.

"Ini ikhtiar dari pemerintah untuk melindungi masyarakat dari peredaran Covid-19 yang kembali mulai masif di wilayah kita," tandasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved