Breaking News:

Wisata Kalsel

VIDEO Kini ada Bus Setiap Hari ke Loksado, Tarifnya Cuma Rp 35 Ribu

Berwisata ke Loksado tidak lagi repot cari angkutan, kini sudah ada angkutan bus Banjarmasin-Loksado yang melintas setiap hari.

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Berwisata ke Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalsel kini tak lagi repot cari angkutan. Kini sudah ada angkutan bus Banjarmasin-Loksado yang melintas setiap hari.

Tarifnya pun terbilang murah, hanya Rp 35 Ribu.

Angkutan bus DAMRI ini berkapasitas 28 penumpang dan full AC. Rutenya yakni Terminal Kilometer 17, Marabahan, Terminal Rantau, Loksado.

Jadi rute bus ini melewati jalur Margasari menuju ke Loksado. Berbeda dengan angkutan umum lain yang melintasi Jalan A Yani.

Dari segi tarif juga jauh berbeda, angkutan umum antar kabupaten menuju Kota Kandangan dari Terminal Kilometer 6 Banjarmasin dipatok Rp 50 ribu per orang.

Tentu bagi wisatawan biaya akan membengkak karena angkutan antar kabupaten hanya sampai terminal. Tarif ini jauh lebih murah dari angkutan umum antar kabupaten.

Lalu bagaimana dengan penumpang dari Banjarmasin? Bus wisata menuju Loksado ini bisanya berangkat pukul 08.00 Wita dari Terminal Kilometer 17.

Bagi wisatawan dari Banjarmasin bisa naik bus rapid transit menuju Terminal Kilometer 17. Begitu pula dengan wisatawan dari Bandara Syamsuddin Noor.

Sopir Angkutan Rintisan Wisata Bus Damri, Bahrani mengatakan, angkutan menuju Loksado setiap hari. Berangkat dari Loksado pukul 08.00 Wita begitu pula dari Terminal Kilometer 17. Bus ini sudah enam bulan beroperasi.

Sayangnya, minimnya sosialisasi membuat bus ini sepi. Bahkan, dalam lima bulan pertama rintisan tidak ada penumpang. Sekarang, bebernya, bus ini sudah mulai berpenumpang. Meski demikian, jumlah penumpang juga tak begitu banyak.

"Paling banyak dari Marabahan ke Loksado. Kalau jumlahnya bervariasi tidak tentu kadang ada kadang tidak ada. Rata-rata dari tiga sampai lima orang ada saja setiap hari," bebernya.

Wisatawan asal Banjarmasin, Herlina mengaku senang dengan angkutan yang sampai ke Loksado. "Dulu kalau mau wisata repot harus sewa mobil atau bawa kendaraan sendiri. Sekarang, selain murah angkutan ini juga sampai ke Loksado langsung," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved