Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Bakal Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Tanbu Tinjau Pabrik Biodiesel Dengan Investasi Rp 2 Triliun

Presiden RI, Joko Widodo pada akhir Juli mendatang direncanakan datang ke Kalsel untuk meresmikan pabrik Biodiesel di Tanbu

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Bupati Tanbu saat meninjau pabrik Biodiesel dengan nilai investasi senilai Rp 2 triliun di Kecamatan Simpangempat, Selasa (6/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pabrik Biodiesel terbesar di Kalimantan Selatan, segera akan beroperasi di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu). 

Rencananya, pabrik dengan investasi Rp 2 Triliun tersebut bakal diresmikan Presiden RI, Joko Widodo pada akhir Juli mendatang.

Namun sebelum kedatangan Presiden, Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, didampingi Sekretaris Daerahnya, Dr H Ambo Sakka, melakukan peninjauan pabrik yang ada di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpangempat, Selasa (6/7/2021). 

Peninjauan langsung disambut GM Jhonline Gimoyo dan Direktur PT JAR, Zafrinal Lubis dan memaparkan keberadaan pabrik dengan investasi 2 triliun itu.

Baca juga: Menko Airlangga: Indonesia Produsen Biodiesel Terbesar di Dunia

Baca juga: Filosofi Baju Adat Tanah Bumbu, Dipakai Presiden Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila Hari Ini

Bukan hanya pabrik Biodiselnya, tetapi juga miliki pelabuhan Jetty yang bisa digunakan untuk umum bahkan bisa untuk sandar kapal batubara.

"Pabrik Biodisel ini produksi perjamnya sekitar 60 ton dan perharinya 1600 ton TBS (Tandan Buah Segar) atau sawit," katanya.

Tahun ini akan oprasi tepatnya di Oktober 2021. Sementara kedatangan Presiden untuk meresmikan pabrik diperkirakan akhir Juli ini.

"Keberadaan pabrik Biodiesel ini ekonomi masyarakat bisa bangkit dan hasil produksi masyarakat bisa tertampung ditempat kita," katanya.

Dijelaskannya, Jhonlin punya pabrik 5, dan kapasitasnya rata-rata 60 ton perjam.

Mereka Punya rencana bangun kebun 100ribu hektar untuk memenuhi kebutuhan biodisel saja dan memerlukan sebanyak 1600 CPO perhari atau setara 6800 TBS perhari.

"Jadi disini ada pabrik biosolar dan minyak goreng," katanya.

Sementara itu, Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, mengatakan kedatangannya itu bertujuan untuk berkoordinasi dan melihat langsung sudah sejauh mana pembangunan pabrik Biodisel tersebut. 

"Kami kesini untuk koordinasi karena Presiden akan datang kesini sehingga kami dari pemerintah daerah ingin meninjau persiapan dan koordinasi," katanya.

Baca juga: VIDEO Presiden Jokowi ke Kalsel, Resmikan Bendungan Tapin

Disisi lain dengan pemaparan dari pihak pabrik, dia begitu kagum karena ini sangat luar biasa manfaatnya utamanya bagi warga Tanahbumbu.

"Saya tidak bisa berkata apa lagi melihat pabrik ini, intinya saya sangat bersyulur dan ini menyerap tenaga kerja yang banyak di Kabupaten Tanahbumbu dan ekonomi masyarakat bisa meningkat," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved