Breaking News:

Berita Balangan

Positif, Gelaran Pilkades di Balangan Dijadwalkan 17 November 2021

Gelaran Pilkades di Kabupaten Balangan direncanakan akan berlangsung pada 17 November 2021 ini. Wakil Bupati Balangan, Supiani mengumumkan secara lang

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Wakil Bupati Balangan, Supiani memberikan sambutan pada Rakor Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Balangan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Gelaran Pilkades di Kabupaten Balangan direncanakan akan berlangsung pada 17 November 2021 ini. Wakil Bupati Balangan, Supiani mengumumkan secara langsung pada saat Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Balangan, yang dilaksanakan di Aula Benteng Tundakan, Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Selasa (6/7/2021).

Ucap Supiani, mewakili Bupati Balangan, Abdul Hadi, semestinya pelaksanaan Pilkades dilakukan pada tahun 2019, kemudian ditunda ke 2020. Namun, karena adanya pandemi Covid 19, sehingga penundaan pun kembali dilakukan hingga ke tahun 2021.

"Pimpinan menghendaki pada akhir tahun ini pelantikan kepala desa baru sudah dilaksanakan. Sehingga apapun alasannya penyelenggaraan tetap diminta," ucap Supiani.

Lebih lanjut, Supiani berharap peranan para camat pada penyelenggaraan Pilkades. Camat diminta aktif agar Pilkades berlangsung secara lancar.

Baca juga: Pilkades Kalsel 2021, Calon Pambakal Dua Desa di Kabupaten Banjar Ajukan Gugatan

Baca juga: Menang Pilkades 2021, Hari ini 140 Pambakal Terpilih di  Kabupaten Banjar Dilantik

Baca juga: Akhir Tahun 2021 Tanahlaut Gelar Pilkades, Dimungkinkan Anggarannya Bertambah karena Hal ini

Baca juga: Pilkades Batola 2021, Sebanyak 163 Pemenang Dilantik 29 Juni

Terlebih camat juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan Kades dan tokoh adat yang ada di desa untuk pelaksanaan Pilkades nantinya. Selain itu, para camat juga diarahkan untuk mengundang kepala desa dan menyampaikan rencana kegiatan Pilkades.

Berdasarkan jadwal yang sudah dibuat, Supiani berharap pelaksanaan Pilkades tidak akan molor. Terutama pada penyelenggaraannya yang berlangsung tanggal 17 November nanti, kemudian menyusul pelantikan pada 29 Desember 2021.

Diketahui pula, ada 19 desa yang terbagi pada enam kecamatan yang akan melangsungkan Pilkades. Di antaranya pada Kecamatan Halong, Paringin, Paringin Selatan, Awayan dan Lampihong.

Sedangkan jumlah TPS direncanakan mencapai 37 TPS. Dimana pemilih pada satu TPS tidak boleh lebih dari 500 orang. Sehingga pada beberapa desa ada yang dibuka lebih dari satu TPS.

Tak kalah penting ucap Supiani ialah penerapan protokol kesehatan pada saat tahapan Pilkades nantinya. Selain itu, camat juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Balangan atau Bupati dan Wakil Bupati.

Pelaksanaan Rakor juga diikuti oleh jajaran Forkopimda. Di antaranya Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid, Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi dan Kajari Balangan, La Kanna. Selain itu ada pula para camat se Kabupaten Balangan dan beberapa perwakilan dari SKPD terkait.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa PMD Kabupaten Balangan juga menyampaikan pemaparan terkait persiapan pelaksanaan Pilkades, terutama untuk pembentukan panitia.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved