Breaking News:

Berita Kalteng

Lestarikan Pencak Silat di Kabupaten Kapuas Melalui Kompetisi Olahraga Siswa Nasional

Salah satu cabang olahraga yang dipertandingan di Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Kabupaten Kapuas adalah pencak silat, bertujuan untuk melestarikan

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Alpri Widianjono
DISDIK KABUPATEN KAPUAS
Seorang pesilat unjuk kemampuan di ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Menurut Kadisdik Kapuas, H Suwarno Muriyat, KOSN Pendidikan Dasar tahun ini dirangkai dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) tingkat kabupaten.

Peserta dari tujuh kecamatan, yakni Selat, Kapuas Timur, Pulau Petak, Basarang, Kapuas Hilir, Kapuas Barat dan Timpah.

Salah satu yang dipertandingkan adalah pencak silat. Hal ini sekaligus sebagai upaya melestarikannya.

Baca juga: Juara KOSN dan FL2SN Kapuas Diminta Terus Berlatih, Persiapan Kompetisi di Tingkat Provinsi

Baca juga: Camat Bataguh Kabupaten Kapuas Apresiasi Kerja Pendamping Desa

Baca juga: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Dampingi Wagub yang Tinjau Pos Penyekatan Perbatasan

Baca juga: Pemkab Kapuas Gelar Apel Bersama Penanganan Covid-19

"Kami berkomitmen kuat memperbanyak event pertandingan di lingkungan sekolah/madrasah. Pencak Silat yang merupakan suatu seni bela diri tradisional dari Kepulauan Nusantara harus dilestarikan, salah satunya adalah KOSN berjenjang dari tingkat sekolah/madrasah hingga ke tingkat nasional," kata Suwarno, Rabu (7/7/2021).

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kapuas, Saifudin, menyatakan kesiapannya untuk mendukung berbagai event demi pelestarian yang diinginkan bersama.

"Saya menyambut gembira atas pelaksanaan KOSN 2021 dan Pencak Silat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan banyak diminitasi para pelajar di Kabupaten Kapuas. Kami semakin menggiatkan lagi latihan di perguruan, perkumpulan maupun sanggar masing-masing," ungkap Saifudin

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved