Breaking News:

Berita HSU

Portal Bakal Dibangun, Cegah Angkutan Bermuatan Berat Masuk Kota Amuntai Kalsel

Portal akan dipasang di simpang empat Benua Lima, lampu merah Paliwara dan Pahayaman untuk cegah angkutan bermuatan besar masuk Amuntai, Kabupaten HSU

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
POLRES HSU
Petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bersama Polres HSU, melakukan pengecekan lapangan di titik rencana akan dipasang portal jalan di Kota Amuntai, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (7/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Dinas Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bersama Polres HSU, Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan pengecekan lapangan di titik rencana akan dipasang portal jalan.

Tujuan pemasangan adalah untuk menjaga agar angkutan bermuatan berat tidak memasuki wilayah Kota Amuntai, Kabupaten HSU, Kalsel.

Kepala Dishub HSU, Hamdani, Rabu (7/7/2021)., mengatakan, portal akan dipasang di tiga lokasi.

"Masing-masing di simpang empat Benua Lima, lampu merah Paliwara mencegah dari arah Kabupaten Tabalong dan di Pahayaman Kelurahan Antasari untuk mencegah adanya angkutan bermuatan dari arah Kabupaten Balangan," rincinya.

Rencana pemasangan portal ini dilakukan untuk menghindari adanya kendaraan angkutan berat yang masuk ke daerah pusat Kota Amuntai.

Baca juga: VIDEO Unjuk Rasa Penolakan Angkutan Bertonase Besar di Amuntai Kabupaten HSU

Baca juga: Polres HSU Turunkan 150 Personel Amankan Aksi Unjuk Rasa

Namun beberapa kendaraan yang sifatnya untuk kepentingan bersama, seperti bus yang cukup tinggi jika ada kegiatan pemerintah daerah, bisa melewati jalur alternatif melalui Jalan Suwandi Sumarta menuju Jalan Bihman Villa. 

Saat ini pihak-pihak terkait tengah dilakukan persiapan dalam pemasangan portal jalan karena memang memerlukan anggaran yang cukup banyak. 

Terpisah, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK MH, mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan telah melakukan pengecekan ke beberapa lokasi yang akan dipasang portal untuk mencegah adanya angkutan bermuatan melebihi kapasitas. 

Rencana pemasangan portal sedang menunggu persetujuan dari Bupati HSU H Abdul Wahid HK.

Jika disetujui, maka Polres HSU siap bekerja sama. “Kami siap untuk bergabung dengan Dinas Perhubungan,  termasuk jika dilakukan sosialisasi ke masyarakat serta melakukan penjagaan,” ujarnya.

Aksi unjuk rasa terkait jalan rusak akibat dilintasi kendaraan bertonase besar di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (5/7/2021).
Aksi unjuk rasa terkait jalan rusak akibat dilintasi kendaraan bertonase besar di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (5/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved