Breaking News:

Travel

VIDEO Wisata Kalsel, Kawasan Kota Lama di Banjarmasin Tempat Favorit Turis Asing

Wisata Kalsel. Kota Lama di kawasan bundaran Hasanudin HM Banjarmasin menjadi tempat favorit turis asing untuk bermalam karena menuruti buku panduan.

Penulis: Kaspul Anwar | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wisata Kalsel. Setahun lebih belakangan ini, kunjungan wisatawan asing ke Kota Banjarmasin hampir tidak ada. Ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Era 90-an sampai 2019, kunjungan turis asing ke Banjarmasin cukup banyak. Ini terbukti dengan data turis asing yang menginap di kawasan Jalan Hasanuddin HM atau dulu terkanal dengan sebutan kawasan Pos Lama atau Istana Pos.

Di kawasan Kota Lama Banjarmasin ini terdapat penginapan para turis asing bernama Borneo Home Stay dan beberapa agen gaet turis atau agen perjalanan turis.

"Dulu banyak turis kekawasan ini untuk minta ditemani jalan-jalan selama berada di Kalsel," ungkap Misbah, pemilik warung makan yang berjualan di kawasan setempat cukup lama, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Gandeng Kadin, TNI AL Lanal Banjarmasin Lanjutkan Serbuan Vaksinasi

Baca juga: Harga Karet di Tingkat Petani Kalsel Stabil, Perkilogram Capai Rp 8.000 

Baca juga: Pasien Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin Mulai Penuh Sejak Awal Juli

Baca juga: Pj Gubernur: Pembelajaran Tatap Muka Kalsel Terancam Ditunda

Dikatakan, para turis asing yang datang rata-rata akan mengunjungi Pasar Terapung di Kuin, Pasar Terapung di Lok Baintan, Pulau Bakut dan Pulau Kaget, pendulangan intan di Cempaka Banjarbaru, kerbau rawa, Loksado.

Para turis asing biasanya menginap di Borneo Home Stay yang berada di bantaran Sungai Martapura, Banjarmasin.

Mereka lebih tahu penginapan ini ketimbang warga Banjarmasin. Karena, mereka di negerinya punya buku panduan yang memuat Borneo Home Stay yang kebetulan berlolasi di tengah-tengah kota dan tidak sulit untuk dicari.

Kini, kawasan bundaran Hasanuddin HM mulai berubah menjadi kawasan kafe yang biasa disebut kawasan nongkrong Kota Lama. Karena, masih banyak terdapat bangunan-bangunan lama yang masih bisa dimamfaatkan.

(Banjarmasinpost.co.id/Apunk)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved