Breaking News:

Berita Banjarnasin

VIDEO Bangkitkan Kesenian Pertunjukan di Destinasi, Dispar Kalsel Gelar Pelatihan

Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan menggelar pelatihan seni pertunjukan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pengelola objek wisata

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan menggelar pelatihan seni pertunjukan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pengelola objek wisata. Pokdarwis dikumpulkan untuk mendapatkan pelatihan akan seni pertunjukan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kalsel, Ida Saptika Dewi disela acara yang diadakan di Tree Park Hotel, Kamis (8/7/2021) seni pertunjukan dapat membangkitkan budaya dan seni lagi di tempat wisata di Kalsel khususnya di Barito Kuala (Batola).

"Kita tahu Kabupaten Barito Kuala sangat terkenal akan seni pertunjukannya, bahkan sering juara di nasional, jadi harapan kita tidak hanya sanggarnya, tapi masyarakatnya juga harus familiar dengan seni pertunjukan," jelasnya.

Contohnya seni pertunjukan Kuntau jelas Ida bisa dihadirkan di objek wisata. Pokdarwis bisa menggelar pelatihan untuk menarik pengunjung. Terlebih seni pertunjukan sangat disenangi para wisatawan mancanegara.

"Turis asing yang datang ke Kalsel sangat tertarik dengan seni pertunjukan bahkan jika mereka dilibatkan dalam pertunjukan itu, mereka akan lebih lama tinggal di Kalsel," ujarnya.

Ia berharap upaya yang sudah diprogramkan Dispar Kalsel dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dengan mendukung penyediaan pelatih bagi para Pokdarwis.

Selain Barito Kuala, selanjutnya ujar Ida Dispar Kalsel juga akan memberikan pelatihan seni pertunjukan bagi Pokdarwis Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar.

"Semoga ke depannya semua kabupaten kota se Kalsel mendapatkan pelatihan ini," tambahnya.

Dalam pelatihan seni pertunjukan yang diadakan selama dua hari tersebut Dinas Pariwisata Kalsel menghadirkan narasumber ataupun pelatih dari Putri Pariwisata Kalsel dan pakar seni pertunjukan lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved