Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Pj Gubernur Safrizal Terapkan Kebijakan Pengetatan Masuk Wilayah Kalsel

Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA akan keluarkan perintah penerapan pengetatan di perbatasan untuk mencegah terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, Kapolda Irjen Pol Rikwanto dan Ketua DPRD H Supian HK lakukan pertemuan dalam rangka kontijensi penanganan Covid-19.

Kegiatan ini bertempat di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Jalan S Parman, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, Rabu (7/7/2021).

"Kami memutuskan beberapa kebijakan. Pertama, pengetatan masuk ke Kalsel. Akan segera dikeluarkan surat edaran bahwa masuk ke Kalsel lewat jalur udara, laut dan darat dengan membawa surat PCR," kata Safrizal.

Pembatasan dan pengetatan jalur masuk udara dan laut atau perairan dilakukan oleh pemegang otoritas di masing-masing jalur tersebut. Sedangkan di perbatasan jalur darat akan dimotori kepolisian.

Kebijakan ini, kata Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA, dilaksanakan mengikuti PPKM Darurat yang diberlakukan hingga 20 Juli 2021. "Kalau PPKM Darurat dilanjutkan, kami juga akan lanjutkan pengetatan ini," ucapnya.

Baca juga: VIDEO Hewan Kurban Idul Adha 1442 H Akan Disalurkan Baznas Kalsel ke Kampung dan Desa

Baca juga: Rangka Bongkaran Jembatan Kayu Tangi I Banjarmasin Diturunkan di Sungai

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, menambahkan, pembatasan dan pengetatan mobilitas dari luar menuju Kalsel akan segera efektif diterapkan setelah Surat Edaran Gubernur diterbitkan.

"Segera setelah Pak Gubernur menerbitkan surat edarannya, kami laksanakan di lapangan. Intinya, ini upaya kita sekuat tenaga untuk mencegah risiko penyebaran Covid-19 di Kalsel," tegasnya.

Masih kata Kapolda, setiap pihak terkait dikoordinasikan untuk melaporkan dan memgoptimalkan kesiapannya masing-masing, jika lonjakan kasus Covid-19 juga turut terjadi di Kalsel.

Di antaranya dari aspek kesiapan rumah sakit, tenaga kesehatan, alat kesehatan, obat-obatan hingga aspek penunjang lainnya, termasuk stok pasokan oksigen.

"Kami evaluasi komponen-komponen yang ada. Andai kata terjadi peningkatan kasus masif, kita siap. Tapi tentu kita harapkan ini tidak terjadi," tukasnya.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel), Irjen Pol Rikwanto, menegaskan dukungannya pada pemerintah provinsi yang akan memperketat mobilitas masuk wilayah Kalsel, Rabu (7/7/2021).
Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel), Irjen Pol Rikwanto, menegaskan dukungannya pada pemerintah provinsi yang akan memperketat mobilitas masuk wilayah Kalsel bertujuan untuk mencegah terjadi ledakan kasus Covid-19, Rabu (7/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved