Breaking News:

Tajuk

Antisipasi Gelombang Kedua

lonjakan Covid-19 di pulau Jawa Bali harus menjadi pelajaran bagi daerah provinsi lainnya sehingga tidak berulang, tak terkecuali juga Kalsel.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - BIASANYA dimana-mana yang sering terlihat dan memunculkan banyak keluhan tak terkecuali juga di banua Kalsel, kelangkaan atau antrean tabung gas elpiji subsidi 3 Kg atau tabung melon.

Namun, kini ada lagi antrean lain serupa tapi beda, antrean isi ulang tabung gas oksigen.

Dan, fenomena itu sudah terjadi di Pulau Jawa khususnya wilayah Jakarta yang kini tengah dilanda lonjakan Covid-19 varian baru hingga sebagian besar wilayahnya ditetapkan sebagai zona merah level 4 risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Lalu bagaimana dengan kondisi di Banua? Syukurnya, antrean isi ulang oksigen di tengah masyarakat masih tidak terlihat. Demikian pula kondisi stok untuk kebutuhan oksigen medis sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, dinyatakan aman.

Namun demikian, upaya antisipatif harus dilakukan. Fenomena sosial dan dampak turunan yang muncul ketika lonjakan Covid-19 di pulau Jawa Bali harus menjadi pelajaran bagi daerah provinsi lainnya sehingga tidak berulang, tak terkecuali juga Kalsel.

Ancaman gelombang kedua pandemi Covid-19 sudah mulai dirasa negeri ini. Jumlah zona merah di Indonesia mengalami peningkatan signifikan.

Dalam lingkup regional Kalimantan, saat ini Kalsel satu-satunya yang masih belum sampai pada zona merah risiko tinggi penyebaran Covid-19. Namun Kalsel tak boleh lengah.

RSUD Ulin Banjarmasin mengalami lonjakan pasien Covid-19 dari 19 orang pada 20 Juni 2021 menjadi 59 orang pada 6 Juli. RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin juga mengalaminya. Ini menjadi sinyal serius yang harus diwaspadai.

Ketersediaan stok kebutuhan gas oksigen medis harus benar-benar diamankan mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19. Demikian pula ketersediaan oksigen non medis untuk masyarakat.

Upaya massif menekan penyebaran Covid-19 lewat celah jalur darat, udara maupun laut, juga perlu ditingkatkan. Memasyarakatkan vaksinasi Covid-19, disamping itu juga penguatan edukasi individu masyarakat dalam melindungi diri.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved