Breaking News:

Berita Banjarmasin

Box Valve Milik PDAM Bandarmasih Dicuri, Tinggalkan Lubang Menganga di Banjarmasin

Aksi pengrusakan (vandalisme) bahkan disertai dengan pencurian khususnya box valve milik PDAM Bandarmasih cukup marak terjadi di Banjarmasin.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Box valve milik PDAM Bandarmasih di Jalan Belitung Laut dicuri dan meninggalkan lubang menganga yang membahayakan pengguna jalan, Jumat (9/7/2021).   

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aksi pengrusakan (vandalisme) bahkan disertai dengan pencurian khususnya box valve milik PDAM Bandarmasih cukup marak terjadi di Banjarmasin.

Diketahui ada beberapa box valve milik PDAM Bandarmasih yang diketahui hilang baru-baru ini.

"Sampai hari ini sudah ada beberapa titik lokasi kehilangan box valve, yakni di Jalan A Yani, Jalan S Parman dan Simpang Empat Lampu Merah Jalan Belitung," ujar Humas PDAM Bandarmasih, Nur Wakhid kepada banjarmasinpost.co.id.

Berdasarkan pantauan banjarmasinpost.co.id, akibat adanya aksi pencurian box valve PDAM Bandarmasih ini meninggalkan lubang mengangga.

Baca juga: Pencurian Kalteng, Dua Warga Diamankan Polres Lamandau Berusaha Mencongkel ATM

Baca juga: VIDEO Pencurian di Banjarmasin, Pembobol Toko Gasak Rp 19 Juta dan Puluhan Bungkus Rokok

Baca juga: Pencurian di Kalsel, Pelaku Pengangkut Tabung LPG dan TV Dibekuk Petugas Polres HSU

Misalnya saja di titik perempatan lampu merah Jalan Belitung, bekas box valve yang dicuri ini membuat lubang mengangga hingga sangat membahayakan pengendara yang melintas.

Kondisi serupa juga terjadi di titik Jalan Brigjen Hasan Basri, tepatnya di depan Jalan Pangeran.

Dan untuk mengantisipasi adanya pengendara terperosok ke dalam lubang menganga tersebut, oleh warga sekitar diberi tanda, misalnya kursi kayu dan sebagainya.

Wakhid pun menerangkan adanya aksi pencurian box valve yang terbuat dari besi plat ini tentunya sangat merugikan PDAM Bandarmasih.

"Sangat merugikan PDAM Bandarmasih, terutama terkait dengan keselamatan para pengguna jalan," jelasnya.

Tidak hanya aksi pencurian box valve saja, Wakhid menambahkan bahwa adanya aksi pencurian kabel yang diketahui milik Telkom juga belakangan ini begitu marak.

Aksi ini pun menurutnya kerap membuat kebocoran pipa milik PDAM Bandarmasih, terlebih penggalian biasanya dilakukan dengan menggunakan linggis.

"Pencurian kabel juga sangat meresahkan, apalagi kalau saat menggali kemudian linggisnya mengenai pipa maka akan terjadi kebocoran," ungkapnya.

Baca juga: Sindikat Pencurian Kabel Didalangi Oknum Mahasiswa, Beroperasi  Hingga Hulu Sungai

Terkait hal ini pula, Wakhid meminta masyarakat apabila mengetahui atau melihat ada aktivitas pencurian box valve maupun juga kabel Telkom agar langsung melaporkannya.

"Jadi kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin agar bisa ikut berperan serta membantu melaporkan ke Polsek terdekat, Babinsa atau hotline PDAM Bandarmasih di nomor 05113252541 jika ada melihat pencuri yang sedang melakukan pencurian box valave maupun pencurian kabel Telkom," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved