Breaking News:

Berita Kotabaru

KPPN Kotabaru Salurkan Rp 381 Miliar dana APBN Semester Satu Tahun 2021 Untuk Dua Kabupaten 

antor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru menyalurkan Rp 381 miliar dana APBN untuk Kabupaten Kotabaru dan Tanahbumbu

Penulis: Herliansyah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru menyalurkan Rp 381 miliar dana APBN untuk Kabupaten Kotabaru dan Tanahbumbu selama Semester I 2021.

Diungkapkan Kepala KPPN Kotabaru Retno Heryundari, semester I 2021 realisasi belanja pemerintah mencapai Rp 381 miliar. 

Lanjut dia, realisasi ini terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp 172,43 miliar dan realisasi transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 208,56 miliar kepada dua kabupaten bertetangga tersebut. 

"Realisasi APBN ini terus diakselerasi hingga mendekati persentase 40 persen pagu, atau 418 miliar. KPPN Kotabaru terus mendorong penyelesaian kendala-kendala yang muncul dalam penyerapan anggaran," katanya, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Tuntaskan Pengucuran THR, KPPN Kotabaru Kalsel Gelontoran Anggaran Rp 9,4 Miliar

Baca juga: KPPN Tanjung Gelar Webinar Strategi Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Anggaran pada Satuan Kerja

Retno menyampaikan realisasi transfer daerah dan dana desa terdiri atas realisasi DAK Fisik sebesar Rp 69,11 miliar, sedangkan dan realisasi dana desa Rp 139, 44 miliar.

Realisasi transfer daerah dan dana sesa tumbuh negatif 12,39 persen dari realisasi semester I tahun lalu sebesar Rp 238,06 miliar.

Oleh karena itu, KPPN Kotabaru terus mendorong Pemerintah Daerah untuk melakukan percepatan transfer daerah dan dana desa. Sebab di tengah pelaksanaan PPKM mikro dan PPKM darurat yang diperluas, peranan dana desa, BLT dan DAK fisik sangat penting untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pemulihan ekonomi. 

Realisasi Dana Desa sampai 30 Juni telah disalurkan kepada 144 desa di Kabupaten Tanah Bumbu (120 desa telah salur tahap II dan 24 desa tahap I) serta 189 desa penerima tahap I di Kabupaten Kotabaru.

Salah satu unsur dana desa adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang untuk 2021 diberikan secara penuh selama 12 bulan dengan penyaluran Rp 300.000/KPM. Total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di kabupaten Kotabaru 9.119.

Sedangkan di kabupaten Tanahbumbu 4.974. BLT di Kotabaru telah salur sampai dengan BLT bulan ke-3, sedangkan Tanahbumbu telah salur sampai dengan bulan ke-6.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved