Breaking News:

PT PLN Persero UIW KSKT

Tujuh Desa di Kecamatan Lahei Kalteng Akhirnya Dialiri Listrik

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) terus berjuang memberi terang untuk desa belum berlist

Editor: Edi Nugroho
PT PLN (Persero) UIW KSKT
Mobilisasi tiang listrik di oleh PT PLN di di Kabupaten Barito Utara, Kecamatan Lahei yaitu desa Muara Pari, Juju Baru, Hurung Enep, Haragandang, Rahaden, Bengahon dan Muara Inu di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MUARATEWEH - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) terus berjuang memberi terang untuk desa belum berlistrik.

Desa tersebut berlokasi di Kabupaten Barito Utara, Kecamatan Lahei yaitu desa Muara Pari, Juju Baru, Hurung Enep, Haragandang, Rahaden, Bengahon dan Muara Inu di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Untuk dapat melistriki tujuh desa tersebut yang direncanakan menyala pada bulan November 2021 memerlukan pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 75,6 KMS, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 27,23 KMS dengan Trafo berkapasitas 50 kilo Volt Ampere (kVA) sebanyak 19 buah yang cukup untuk mengaliri  2.364 rumah di Kecamatan tersebut.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy menjelaskan, upaya dalam pembangunan Kelistrikan desa Muara Pari, Juju Baru dan Hurung Enep yang berjarak 53 KM dari pusat kabupaten Barito Utara mempunyai tantangan tersendiri dalam mobilisasi material.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, PLN UIKL Kalimatan Gelar Tes Antigen

Baca juga: PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah Berikan Stimulus Listrik Periode Juli-September 2021

Baca juga: Stimulus Listrik PT PLN Diperpanjang Juli-September 2021, Khusus Pelanggan 450V dan 900V

Baca juga: Diskon Listrik 50 Persen Diperpanjang Hingga September 2021, Tak Perlu Klik pln.co.id dan PLN Mobile

“Dalam proses pembangunan jaringan, akses jalan yang dilalui untuk mengangkut material seperti tiang harus melewati jalan yang masih tanah licin berlumpur saat hujan dan perlu menyeberangi sungai dengan cara dilarutkan, namun tentu saja hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami. Senyum harapan warga agar bisa menikmati listrik menjadi kebahagiaan semangat kami dan memacu kami untuk terus melistriki desa-desa lainnya,” ungkap Tonny, Kamis (8/7/2021).

Mobilisasi tiang listrik di oleh PT PLN  di Kabupaten Barito Utara, Kecamatan Lahei yaitu desa Muara Pari, Juju Baru, Hurung Enep, Haragandang, Rahaden, Bengahon dan Muara Inu di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
Mobilisasi tiang listrik di oleh PT PLN di Kabupaten Barito Utara, Kecamatan Lahei yaitu desa Muara Pari, Juju Baru, Hurung Enep, Haragandang, Rahaden, Bengahon dan Muara Inu di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). (PT PLN (Persero) UIW KSKT)

Tonny menambahkan, semangat tim untuk melistriki di 7 desa ini tak lepas dari bantuan masyarakat, pemangku pemerintah dan adat daerah setempat yang terus mendukung upaya PLN dalam mobilisasi material dan pemasangan peralatan.

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat, tokoh adat dan pemerintah yang selalu membantu tim kami dalam setiap upaya yang dilakukan seperti pada saat pengangkutan material dan pemangkasan pohon agar nantinya jaringan dapat terpasang dengan aman.” imbuh Tonny.

Camat Lahei, Rusihan mengungkapkan penduduk yang berjumlah sebanyak 5.818 jiwa di 7 desa yang akan dialiri listrik tersebut berharap pembangunan lstrik dapat segera selesai dengan lancar.

“Kami selaku warga kecamatan Lahei sangat senang dengan upaya PLN yang secara cepat terus berupaya untuk memperjuangkan desa kami agar segera berlistrik, sehingga kami berharap dengan tersambungnya listrik di desa kami nantinya dapat meningkatkan baik kemajuan ekonomi masyarakat maupun meningkatkan kualitas pendidikan untuk anak-anak kami,” ungkap Rusihan.(aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved