Breaking News:

Berita Banjarmasin

Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalsel Evakuasi dan Jinakkan Dua Bahan Peledak

Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalsel belum lama ini telah menjinakkan dua bahan peledak berjenis martir dan dinamit.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Edi Nugroho
Sat Brimob Polda Kalsel
Personel Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalsel saat melakukan penjinakan martir dan dinamit yang dievakuasi dari rumah warga di Kabupaten HSU. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalsel belum lama ini telah menjinakkan dua bahan peledak berjenis martir dan dinamit.

Dansat Brimob Polda Kalsel, Kombes Pol Ronny Suseno melalui Paur Dal Ops Bag Ops dan PID, Iptu Bambang Setyo Adi, Minggu (11/7/2021) mengatakan, penjinakan dilakukan pasca bahan peledak dievakuasi, Jumat (9/7/2021).

Sebelumnya, personel Kompi 2 Batalyon B Pelopor bersama Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kalsel mengevakuasi dua bahan peledak tersebut dari rumah seorang warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Lebih spesifik yaitu di Jalan Negara Dipa, Desa Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga: Dievakuasi dari Rumah Rumah Warga HSU, Martir dan Dinamit Dijinakkan Gegana Sat Brimob Polda Kalsel 

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tiba di HSS, Dikawal oleh Tim Gegana, Segini Total Personel yang Terlibat

Baca juga: Mortir Aktif Ditemukan di Gunung Damarwulan PTPN Tanahlaut, Langsung Diledakkan Tim Gegana

Baca juga: Personel Gegana Brimob Kalsel dan K9 Sterilisasi Gereja di Banjarmasin

Dijelaskannya, penemuan martir dan dinamit berspesifikasi militer tersebut berawal dari laporan warga ke Polres HSU.

Dimana dinamit dan martir itu berada di rumah seorang purnawirawan TNI yang sudah berpulang dan ditemukan oleh keluarga almarhum.

"Kebetulan saat itu menjelang acara peringatan tujuh harian. Saat bersih-bersih rumah, keluarga menemukan martir dan dinamit," kata Iptu Bambang.

Satbrimob Polda Kalsel yang berkoordinasi dengan Polres HSU atas laporan warga tersebut pun langsung melakukan pengamanan lokasi sekaligus mengevakuasi bahan peledak.

Tak cuma melakukan evakuasi, personel Kompi 2 Batalyon B Pelopor bersama Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalsel juga telah melakukan sterilisasi di rumah lokasi ditemukannya dua bahan peledak tersebut.

Tujuannya, agar tak ada lagi bahan peledak lain yang tertinggal dan berpotensi membahayakan keselamatan warga.

"Setelah dievakuasi kemarin tim Gegana langsung menindaklanjuti untuk proses disposalnya (dijinakkan)," kata Iptu Bambang. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved