Breaking News:

KalselPedia

KalselPedia - Pengurus Bumdes Berkah Bersama Batola Impikan Jadi Kawasan Agrowisata

Kalselpedia. Pengurus dan anggota Bumdes Berkah Bersama Kabupaten Batola inginkan jadi wisata petik jeruk, workshop pengolahan makanan dan minuman.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI
KalselPedia. Jeruk merupakan komoditas andalan Desa Karang Bunga yang dimaksimalkan Bumdes Berkah Bersama, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (11/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Kalselpedia. Melimpahnya hasil panen jeruk dan mampu mengkreasikannya menjadi berbagai olahan membuat pengurus dan anggota Bumdes Berkah Bersama impikan adanya terobosan baru.

Mereka berharap daerah setempat menjadi agrowisata petik jeruk dengan fasilitas pendukung lainnya.

Seperti, adanya wisata petik jeruk, workshop pengolahan makanan atau minuman dari jeruk, pembibitan, hingga tempat pemasaran.

"Kami sedang upayakan punya rumah jeruk. Semoga ke depannya bisa terwujud guna pengembangan usaha desa milik desa ini," ucap Agus Esthi, Ketua Bumdes Berkah Bersama di Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: KalselPedia - Bumdes Berkah Bersama Kabupaten Batola Jadi Tujuan Studi Banding

Baca juga: VIDEO KalselPedia - Mengenal Bumdes Berkah Bersama Kabupaten Batola

Baca juga: KalselPedia - Bumdes Berkah Bersama Kabupaten Batola Juga Pasok Air Bersih

Baca juga: Kalselpedia - Bumdes Berkah Bersama Kabupaten Batola Didirikan untuk Tekan Tengkulak

Ia pun menuturkan, saat ini ada beberapa olahan yang bisa diproduksi dengan bahan utama jeruk, yaitu jus, sirup, selai, ice cream, kerupuk dan beberapa produk lainnya.

Selain itu, tujuan dari pengembangan berbagai varian ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat sesuai dengan sumber daya alam dan SDM. Dominannya bekerja sebagai petani padi, pekebun dan peternak.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved